-->

Sponsor Mascota

Blenny Fish Mulai Populer Dipelihara di Akuarium Air Laut

Ikan yang imut nan menggemaskan ini adalah salah satu jenis blenny fish. Punya karakter khasnya, yaitu berwarna putih dengan tambahan salur gelap dari mata ke sirip ekor. Ikan laut cantik ini punya badan yang terlihat memanjang dengan sirip pada bagian punggung berjejer panjang. Mulutnya berada di bagian perut bawah mulut bulat.


Lance Blenny fish sekilas terlihat mirip dengan Cleanerfish False tetapi bisa dibedakan dari bentuk mulutnya dan warna garis yang ada dibagian kepala serta belakang mata. Lance Blenny juga punya mulut yang bulat dengan garis coklat polos dibagian belakang mata. Sedangkan Cleanerfish punya mulut yang lebih meruncing dan garis dengan warna biru, dan umumnya dengan tambahan margin gelap.


blenny fish



Ikan hias air laut yang punya nama latin Aspidontus dussumieri ini, ternyata punya nama lain yang keren, yaitu slender sabretooth blenny. Badannya bisa panjang sampai 12 cm. Habitat aslinya berada di perairan tropis dan banyak di temukan di seluruh Indo-Pasifik, termasuk Indonesia. Di Australia juga menjadi tempat tinggal mereka. Lebih tepatnya berada di bagian tengah sampai ke pantai utara-barat Australia Barat dan dari pantai utara Queensland menuju pusat New South Wales.


Baca Juga: 15 Jenis Ikan Dottyback dan Cara Perawatannya untuk Pemula


Makanan kesukaan dari blenny fish ini adalah algae. Blennie jenis sangat senang bermukim di lubang-lubang karang, atau rumah cacing pipa yang kosong dan pipa-pipa sisa bangkai kapal yang berada di dasar laut. Hidup di laut yang enggak begitu dalam, lance blennie fish juga tergolong ke dalam kategori ikan yang punya karakter teritorial kepada sesamanya. Dia bisa bersikap agresif dan menyerang ikan yang sama atau sejenis yang berada didekat rumah tinggalnya.


Dia akan ngumpet atau sembunyi bila ada ikan jenis lain. Rata-rata waktunya dihabiskan dalam lubang yang menjadi rumahnya. Dan ian akan meninggalkan rumahnya, bila waktunya mencari makanan. Dan belum lama ini, ikan jenis ini juga mulai populer dipelihara dalam akuarium air laut.


Blenny Fish Bicolor

Blenny Fish Bicolor


Ikan Ecsenius springeri merupakan spesies baru blenny spankin yang terlihat sangat mirip dengan ikan gobi bicolor.


Yang membikin ikan blenny Springer menjadi sangat menarik adalah blenny ini berakar dari jarak yang sangat kecil jadi digambarkan sebagai ikan karang mikro-endemik. Ecsenius springeri bisa di dapati di Semenanjung Fak Fak tepat di Raja Ampat di mana terdapat banyaknya ikan karang dan terumbu karang yang sangat beragam.


Baca Juga: Ikan Kakatua Si Penjaga Kelestarian Terumbu Karang Laut


Blenny bicolor fish umum punya penampilan fisik yang bervariasi yang badannya punya dua warna, yaitu ungu dan orange. Tapi juga ada yang badannya punya garis dengan bagian perut berwarna putih yang cerah. Blenny Springer merupakan 'interpretasi' dari bentuk bergaris ini dengan garis putih yang kelihatan sangat tipis, yang memanjang dari mata ke ujung ekor.

 

 

LihatTutupKomentar

Sponsor Mascota