-->

Sponsor Mascota

20 Jenis Ikan Laut Cantik yang Mudah Dipelihara dalam Rumah

Ikan sekarang ini sudah menjadi pilihan hewan peliharaan di rumah. Memelihara ikan hias air laut ternyata jadi seni tersendiri karena enggak cuma harus lihai memadukan warna ikan laut yang cantik, tapi juga bisa memadukan hiasan akuarium menjadi seperti pemandangan dalam bawah laut yang eksotis atau umum disebut dengan aquascape.


Buat para penghobi ikan hias pasti sudah paham betul, pelihara ikan laut cantik enggaklah semudah memelihara ikan hias air tawar, tapi menurut saya pribadi ikan air tawar juga perlu perawatan khusus. Cara merawat ikan hias laut, kamu sangat butuh peralatan penunjang supaya ikan laut cantik ini bisa hidup dengan baik.


Ikan Laut Cantik yang bisa Kamu Pilih


Ikan Laut Cantik yang bisa Kamu Pilih


Bila kamu memutuskan untuk membuat aquascape, Pastinya kamu harus paham jenis-jenis ikan laut cantik mana yang akan kamu beli. Buat yang masih pemula, akan sangat lebih bagus jika kamu memulai dengan pelihara ikan hias air laut yang gampang merawatnya lebih dahulu.


Baca Juga: Harga Ikan Hias Air Laut dan Cara Perawatan untuk Pemula


Nah, enggak perlu bingung bila kamu belum paham betul cara merawatnya, Yuk Simak beberapa ikan laut cantik yang gampang buat dipelihara dalam rumah:


1. Ikan Nemo atau Clown Fish


Ikan Nemo atau Clown Fish


Jenis ikan laut ini bernama Clown Fish atau biasa disebut Ikan nemo ini pasti sudah sangat familiar buat kamu, karena ia merupakan karakter utama dalam film animasi Finding Nemo. Buat masalah perawatan ikan ini sangat gampang, paling kamu cuma harus menambahkan terumbu karang di aquarium supaya mereka merasa nyaman.


2. Ikan Laut Cantik Lion Fish


Ikan Laut Cantik Lion Fish


Ikan hias ini lumayan terlihat nyentrik, karena ia punya ornamen-ornamen pada badannya yang terlihat seperti duri. Buat bisa berhasil memelihara ikan ini, kamu harus paham tankmate jenis apa yang bisa di gabung dengan si lion fish. Karena ia punya makanan yang berbeda dari kebanyakan ikan hias laut yang lain.


3. Butterfly Fish


Butterfly Fish


Ikan hias air laut cantik ini punya bentuk badan dan pattern bergaris, yang terlihat seperti sayap kupu-kupu. Ikan termasuk gampang di pelihara, oleh karena itu sangat di rekomen buat para pemula yang ingin memelihara ikan hias air laut.


4. Ikan Laut Cantik Dottyback


Ikan Laut Cantik Dottyback


Ikan hias jenis dottyback merupakan ikan yang berhabitat asli di laut tropis dan subtropis indo pasifik yang populer punya terumbu karang sangat indah. Karena habitatnya banyak sekali di perairan laut indonesia, jadi sangat direkomendasikan buat memelihara ikan cantik ini dalam akuarium rumah kamu.


5. Jenis Ikan Laut Unik: Neon Tetra


Jenis Ikan Laut Unik


Neon Tetra merupakan ikan laut cantik yang beken dengan ciri khasnya yang punya rona keemasan bergaris tipis dengan tambahan warna biru mirip dengan lampu neon pada bagian badan belakang sampai ke bagian dekat mata.


6. Yellow Tang


ikan yellow tang


Yellow tang termasuk jenis ikan laut canti yang mudah dipelihara dan pas buat para pemula yang ingin memulai memelihara ikan hias air laut. Yellow Tang termasuk ikan yang sangat aktif dan lincah dibanding keluarga tang yang lain.


7. Blue Tang


ikan blue tang


Paracanthurus hepatus merupakan panggilan ilmiah dari ikan hias blue tang. Blue tang juga beken dengan nama lain yaitu botana. Ikan botana juga sangat populer karena memerankan karakter “Dory” dalam film “Finding Nemo”. Nah bila kamu sudah punya clown fish, kamu juga bisa menggabungkan ikan blue tang ini dalam satu akuarium.


8. Watchman Goby


Watchman Goby


Watchman Goby merupakan ikan hias yang mudah dalam merawatnya. Punya banyak pilihan warna seperti pink spotted serta blue spotted, ikan air asin satu ini sangat pas dipelihara buat yang masih pemula, karena daya tahab tubuhnya yang bisa dibilang baik.


9. Doctor Fish


Doctor Fish


Sesuai dengan panggilannya, ikan laut cantik ini bermanfaat buat membantu menyembuhkan ikan hias air laut lain yang terkena jamur di akuarium. Dengan rona yang lumayan indah, ikan hias air asin satu ini populer sikapnya yang ramah dengan ikan lainnya sehingga pas buat dipelihara pemula.


10. Blue Devil


blue devil


Ikan Blue Devil yang punya nama ilmiah Paraplesiops Bleeker merupakan opsi ikan laut cantik lainnya yang dapat kamu pilih untuk dipelihara dalam akuarium rumah kamu. Rona kebiruan dengan motif totol putih menjadi magnet tersendiri dari ikan air laut satu ini.


Meski terbilang gampang buat memeliharanya, ikan hias satu ini disarankan dipelihara dalam akuarium yang punya ukuran besar dengan banyak dekorasi karang karena habitat asli dari ikan laut ini adalah berada di dasar laut yang terdapat banyak karang.


11. Mandarin Fish


mandarin fish


Sering dipanggil sebagai “Naga Cina”, Mandarin Fish termasuk salah satu spesies ikan laut cantik yang terkenal akan keindahan warnanya. Ikan air laut ini dikenal juga dengan ketahanan tubuh yang baik.


Namun, Mandarin Fish perlu diberi pakan hidup sehingga buat kamu yang ingin memelihara ikan laut ini harus mmeberikan perhatian ekstra dalam soal makanan.


12. Firefish


ikan laut cantik firefish


Ikan hias buat aquarium air laut selanjutnya terkenal akan karakternya yang aktif dan energik. badannya yang kecil dengan warna yang cukup terang menjadi nilai lebih dari ikan laut cantik satu ini.


Karakternya yang kalem juga membuatnya bisa di pelihara berbarengan dengan ikan lain yang kamu punya. Firefish sendiri senang memakan alga dan juga zooplankton, sehingga membuatnya menjadi salah satu ikan hias yang dipelihara dalam aquarium air laut yang gampang dipelihara.


13. Chalk Bass

chalk bass


Chalk Bass sangat pas dipelihara oleh kamu yang baru mau terjun kehobi ini. Karena ia mampu bertahan dalam keadaan akuarium yang kurang baik. Enggak cuma itu, jenis ikan laut cantik ini bisa bertahan dalam pergantian ekosistem dan tidak enggak gampang terserang penyakit.


Meski begitu, bagusnya kamu tidak memelihara ikan ini dalam jumlah yang banyak. Chalk bass mengenal sistem teritori jadi akan sering berselisih dengan sesama jenisnya dan senang mengganggu ikan-ikan yang lain.


14. Banggai


ikan banggai


Ikan endemik yang berasal dari Sulawesi Selatan ini punya ukuran yang lumayan besar, biasanya berkisar di angka 8 centimeter. Karakter yang khas dari ikan ini adalah ekor ikan yang panjang dan meruncing. Pattern garis pada badannya yang berwarna perak dan hitam membuat ikan ini makin terlihat menawan.


15. Pajama Cardinalfish


Pajama Cardinalfish


Jenis ikan hias air laut ini punya motif polkadot yang nyentrik. Ikan ini juga punya panggilan lain, yaitu ikan kardinal piyama atau ikan kardinal tutul.


Selain enggak susah dalam merawatnya, ikan ini bisa berbaur dengan ikan jenis lain atau sesama cardinal.


16. Ikan Kakatua


Ikan Kakatua


Jenis ikan laut cantik yang satu ini punya badan yang yang lumayan besar. Nama nya diambil dari jenis burung, karena bentuk mulutnya yang mirip dengan paruh seperti sebuah kait.


Ikan yang yang sangat menawan ini dalam perawatannya kamu harus menyiapkan banyak makanan, karena ikan kakatua sangat doyan makan. Di lingkungan hidup aslinya, ikan ini senang memakan rumput laut dan hama perusak terumbu karang.


17. Ikan Laut Cantik yang Agresif: Blenny Fish


ikan blenny fish



Ikan blenny punya badan yang kecil sehingga kamu tidak perlu menyediakan akuarium yang terlalu besar. Meskipun punya badan yang mungil, kamu jangan memelihara ikan blenny lebih dari satu dalam akuarium yang sama karena mereka akan berkelahi.


Baca Juga: Ikan Hias Air Laut Apakah bisa Hidup di Air Tawar?


Yang menarik, ikan hias canti ini akan lebih aman kalau di gabung dengan ikan jenis lain. Dipasaran terdapat beberapa jenis ikan blenny, seperti bicolor blenny, horned blenny dan tailspot blenny.


18. Jenis Ikan Laut Cantik Berukuran Kecil: Damselfish


Jenis Ikan Laut Cantik Berukuran Kecil


Kalau kamu memang mau memulai dengan akuarium kecil dahulu, akan sangat pas buat memelihara damselfish. Ikan ini dapat dikategorikan sebagai ikan yang galak meski tidak sampai menyerang ikan lain. Kamu hanya harus memberikan beberapa bebatuan supaya ikan ini dapat bersembunyi.


19. Ikan Laut Cantik Ikan Wrasse


Ikan Laut Cantik Ikan Wrasse


Ikan ini sangat bagus bila kamu punya akuarium yang besar. Karena rata-rata ikan ini bisa mencapai 20 cm. Ikan Wrasse terkenal dengan corak dan warnanya yang cerah.


Jika kamu kepingin memelihara ikan ini, kamu dapat menaruh beberapa terumbu karang pada akuarium.


20. Royal Gramma Basslet


Royal Gramma Basslet


Jenis ikan laut cantik satu ini berasal dari luar negeri, yaitu Amerika Tengah. Ikan hias laut berukuran kecil ini sangat gampang dipelihara kamu yang masih pemula. Ikan Royal Gramma Basslet tidak termasuk ikan yang pilih-pilih makanan, carilah makanan yang berbahan dasar daging.

LihatTutupKomentar

Sponsor Mascota