-->

Sponsor Mascota

15 Jenis Ikan Dottyback dan Cara Perawatannya untuk Pemula

Ikan hias air laut ini populer dengan panggilan Pseudochromis, iya punya rona yang terang dan ukurannya bisa mencapai 7 centimeter. Mereka termasuk spesimen akuarium yang punya fisik kuat serta mudah beradaptasi di penangkaran. Ikan dottyback senang memakan plankton, krustasea kecil, cacing, dan kamu bisa juga memberi pakan olahan.


Sebelum memeliharanya kamu harus menyediakan akuarium yang di lengkapi tutup, disetiakan banyak batu hias serta tempat untuk bersembunyi. Serta sangat di sarankan untuk memelihara satu spesies dalam satu akuarium saja.


Nah kali ini mascota akan membahas mengenai ikan dottyback, ikan yang memiliki rona cerah dan anggun ini sudah jadi primadona buat para penghobi untuk di jadikan salah satu penghuni dari akuarium mereka di rumah. Ternyata di market ikan dottyback terdapat beberapa jenis yan cantik. Apa saja jenisnya? yuk kita bahas selengkapnya:


Orchid Dottyback (Pseudochromis fridmani)

Orchid Dottyback


Orchid Dottyback, beken juga dengan panggilan Fridman’s Dottyback, atau Fridman’s Pseudochromis bisa jadi tambahan yang bagus buat akuarium terumbu. Ikan yang didominasi warna lavender yang elok ini bisa menjadi favorit kamu di dalam akuarium. Anggrek Dottyback habitat aslinya berasal dari Laut Merah. Mereka umumnya bisa di temui di koloni dekat tepian, di mana mereka akan berenang ke permukaan dengan cepat memakan zooplankton yang lewat.


Kamu harus menyediakan Akuarium dengan ukuran 30 galon atau bagus yang lebih besar dengan diberikan tempat persembunyian. Ia akan mulai terbiasa menjelajah bila sudah beradaptasi dengan lingkungan barunya. Ia kadang-kadang suka mengejar ikan yang berukuran lebih kecil darinya, akan tetapi ia akan terus menjaga tempat persembunyiannya dari para penyusup.


Baca Juga: Cara Merawat Ikan Hias Air Laut yang Tepat untuk Pemula


Ia sangat senang memakan udang mantis kecil dan cacing bristleworm, menjadikan ikan ini sangat bagus buat terumbu karang. Bila kamu ingin memelihara lebih dari satu jenis, sebaiknya kamu memasukannya berbarengan ke dalam akuarium. Orchid Dottyback harus diberi pakan yang beragam, yang terdiri dari pakan yang dibuat khusus untuk karnivora. Kalau kamu mendapatkannya dari hasil penangkaran, ikan Orchid Dottyback harus diberi makan sehari sekali.


Purple Stripe Dottyback (Pseudochromis diadema)

Ikan Purple Stripe Dottyback


Purple Stripe Dottyback juga beken dengan panggilan Diadem Dottyback atau Diadem Pseudochromis, apa lagi motif warnanya yang sangat khas yaitu kuning dengan salur ungu yang memanjang dari sirip bagian punggung. Kamu harus menyediakan akuarium berukuran 30 galon atau lebih supaya mereka bisa berenang leluasa. Dan Tankmate yang bagus buat ikan Purple Stripe Dottyback Ini bagus yang agak agresif dan punya tubuh yang lebih besar. Ia sangat senang memakan yang berdaging, seperti udang air asin dan pakan beku olahan.


Springeri Dottyback (Pseudochromis springerii)

Springeri Dottyback


Springeri Dottyback populer dengan panggilan Springer’s Dottyback, atau Springer’s Pseudochromis, dengan didominasi warna biru tua dengan 3 pita wajah dari kiri ke kanan dengan salur biru muda dan biru tua di bagian siripnya.


Ikan yang sangat gesit dalam berenang, springerii akan jadi pelengkap buat kamu penggemar ikan hias air laut. Akuarium dengan ukuran 30 galon atau lebih besar dengan ditambah tempat bersembunyi sangat cocok buat ikan ini. Ia juga senang menyantap bristleworms di akuarium, menjadikan ikan ini sangat cocok dipelihara dalam akuarium terumbu karang.


Baca Juga: Cara Paling Gampang Pelihara Si Cantik Butterfly Fish Air Laut


Jika kamu memelihara ikan dottyback ini lebih dari satu, sangat penting memasukannya bebarengan. Pseudochromis dari penangkaran bisa dibilang termasuk ikan yang sangat tangguh dan tahan lama. Sehingga sangat cocok buat penghobi baru atau yang sudah berpengalaman. Ikan Springeri Dottyback juga harus diberikan pakan yang bervariasi, yang terdiri dari pakan yang untuk karnivora. Jika kamu mendapatinya dari hasil penangkaran, Dottyback Springeri bisa kamu beri makan sekali sehari.


Indigo Dottyback (Pseudochromis fridmani x sankeyi)

Indigo Dottyback


Indigo Dottyback merupakan Pseudochromis yang sangat terlihat indah karena hasil perkawinan silang antara Orchid Dottyback (Pseudochromis fridmani) dan Striped Dottyback (Pseudochromis sankeyi). Hasil perkawinannya bisa menghasilkan ikan berwarna sangat cantik dengan didominasi warna indigo yang kalem. Saat dilihat pertama kali, Indigo Dottyback kelihatan warnanya lebih ke Orchid Dottyback.


Namun, saat dilihat lebih detail, karakteristik dari Striped Dottyback dapat kelihatan. Meskipun garis dominan yang sejajar terlihat samar, Indigo Dottyback memliki garis gelap yang sama yang membentang di sepanjang ventral Striped Dottyback. Pewarnaan indigo yang unik dan salur berwarna gelap menambah perbedaan pada ikan dottyback hasil perkawinan silang ini.


Setting akuarium yang bagus untuk si Indigo Dottyback adalah akuarium air asin dengan ukuran minimal 30 galon dan di tambah batuan hidup yang banyak. Sediakan pula tempat persembunyian untuk dijelajahi, atau sebagai tempat perlindungan Indigo Dottyback. Persis dengan spesies Dottyback lainnya, disarankan untuk memelihara Indigo Dottyback satu saja kecuali jika kamu punya akuarium yang sangat besar. Diketahui bahwa Indigo Dottyback yang berwatak lembut berkarakter lebut ini bisa menjadi ancaman buat krustasea dan udang hias, sehingga menjadi kandidat yang sangat cocok untuk akuarium karang. Pakan Indigo Dottyback terdiri dari makanan berdaging termasuk air garam yang diperkaya vitamin dan udang mysis serta pakan olahan.


Neon Dottyback (Pseudochromis aldabraensis)

Neon Dottyback


Neon Dottyback merupakan ikan yang didominasi warna kuning / oranye yang cantik dengan tambahan motif garis-garis biru neon pada sirip punggung, bagian insang serta buntutnya. Ini adalah spesies yang sangat beken yang awalnya diimpor dari Teluk Persia, tetapi sangat jarang diambil dari habitat liarnya.


Akuarium berukuran 30 galon atau lebih besar dengan tempat persembunyian harus kamu sediakan sebelum memeliharanya. Ia harus dipelihara berbarengan dengan ikan besar yang cukup agresif. Ia memungkinkan memakan udang hias, tetapi bisa jadi pemangsa cacing bristleworm yang sangat bagus di akuarium terumbu. Neon Dottyback juga harus diberi pakan yang beragam, yang terdiri dari makanan yang dirancang khusus untuk karnivora.


Jika ditempatkan dalam akuarium terumbu karang, Neon Dottyback harus diberi makan sekali sehari.


Striped Dottyback (Pseudochromis sankeyi)

Striped Dottyback


Striped Dottyback, sangat beken dengan panggilan Sankey’s Dottyback, merupakan ikan bergaris hitam dan putih yang anggun. Sirip punggung serta tepi sirip ekor terlihat transparan. Dahulu sangat jarang yang memeliharanya di rumah, tetapi sekarang sudah banyak yang berhasil menangkarnya. Akuarium dengan ukuran 30 galon atau lebih besar dengan disediakan banyak tempat persembunyian sangat bagus untuknya. Mereka akan senang memakan bristleworms di akuarium, menjadikan ikan ini sangat cocok buat akuarium terumbu karang.


Baca Juga: Ikan Hias Air Laut Apakah bisa Hidup di Air Tawar?


Jika kamu memelihara lebih dari satu Dottyback dalam satu akuarium, penting untuk memasukannya secara bersamaan ke akuarium dan memberikan banyak tempat persembunyian di antara celah bebatuan. Pseudochromis hasil penangkaran termasuk ikan hias yang sangat sangat kuat dan berumur panjang, sehingga sangat cocok buat yang masih pemula atau berpengalaman. Stripped Dottyback harus diberi pakan yang bervariasi dan pakan yang cocok untuk karnivora. Jika dipelihara di akuarium terumbu karang, striped Dottyback yang berasal dari Penangkaran harus diberi pakan sekali sehari.


Ring Eyed Dottyback (Pseudoplesiops typus)

Ring Eyed Dottyback


Ring Eyed Dottyback merupakan tambahan yang bagus buat akuarium terumbu kecil kamu. Memperlihatkan dikromatisme seksual yang berbeda, si jantan didominasi rona merah muda, sedangkan si betina berona merah muda pucat dengan gradasi kuning-hijau di mana sirip punggung, ekor, dan dubur bertemu dengan tubuh. Populer dengan panggilan lain yaitu Big-Eye Dottyback atau Hidden Basslet, Ring Eyed Dottyback di habitat aslinya berada di celah-celah di permukaan terumbu dan laguna di kedalaman 20 hingga 30 kaki.


Di akuarium, mereka akan senang berada di bebatuan, tetapi sesekali akan berenang keluar dari tempat berlindung untuk memperoleh potongan makanan setelah bisa beradaptasi dengan lingkungannya. Biarpun tidak termasuk ikan yang agresif, Ring Eyed Dottyback bisa dipelihara berbarengan dengan ikan goby nano di akuarium kecil. Tapi di sarankan memelihara satu saja dalam akuarium, kecuali kamu punya akurium yang besar. Supaya warnanya tetap bagus, beri makan makanan yang bervariasi ditambah dengan pakan peningkat warna termasuk air garam yang diperkaya vitamin, udang mysis dan makanan karnivora dengan kualitas baik.


Ikan Purple Dottyback (Pseudochromis porphyreus)

Ikan Purple Dottyback


Purple Dottyback Sangat beken dengan panggilan Magenta Dottyback atau Purple Pseudochromis, paling pas dipanggil magenta. Akuarium berukuran 30 galon atau lebih besar harus kamu miliki sebelum memeliharanya. Ia mungkin akan menjadi sangat agresif terdapat Pseudochromis lain atau ikan dengan penampakan fisik yang sama dengannya. Sangat gampang untuk dipelihara di akuarium jika akuarium dilengkapi tempat persembunyian. Ia sangat senang menyantap udang air asin dan pakan beku olahan. Makanan harus yang terbaik serta bervariasi untuk mempertahankan keindahan warnanya.


Baca Juga: Ikan Mandarin Air Laut Si Cantik yang Berasal dari Terumbu Karang


Sunrise Dottyback (Pseudochromis flavivertex)

Sunrise Dottyback


Sunrise Dottyback beken dengan panggilan Sunrise Pseudochromis atau Blue Flavivertex Dottyback. Karakteristiknya berada di warna birunya dengan tambahan aksen kuning di sirip dan mata. Ikan yang punya kepribadian sangat khas ini, termasuk ikan yang sangat tangguh ini akan menemani kamu setiap hari di rumah. Akuarium dengan ukuran 30 galon atau lebih besar serta di lengkapi tempat persembunyian akan membuat mereka nyaman. Ia sangat senang memakan udang mantis kecil, dan cacing bristleworm, menjadikan sangat cocok di pelihara dalam akuarium terumbu karang.


Jika kamu pelihara lebih dari satu Dottyback, sangat disarankan memasukannya berbarengan langsung ke dalam akuarium. Pseudochromis hasil penangkaran adalah termasuk ikan yang punya fisik kuat dan tahan lama sehingga sangat cocok buat para penghobi baru dan lama. Pakan yang bisa diberikan berupa udang air asin dan pakan beku.


Ikan Yellow Dottyback (Pseudochromis fuscus)

Ikan Yellow Dottyback


Punya fisik besar, tidak penakut, dan cantik, Yellow Dottyback merupakan pertunjukan nyata di antara jenisnya yang lain, menghabiskan waktunya buat berpatroli di wilayah terbuka akuarium terumbu kamu. Warna Yellow Dottyback didominasi kuning kenari sampai ungu atau coklat kehitaman dengan totol hitam di tengah setiap sisik. Ini membuat semacam pola halus yang terkadang kelihatan seperti garis halus yang terpampang di sisinya. Di habitat aslinya, Yellow Dottyback mudah didapati di terumbu laguna, kolam pasang surut, serta di celah-celah karang dan lereng terumbu depan. Ia sangat senang memakan ikan kecil, serta zooplankter besar dan krustasea bentik kecil.


Baca Juga: 15 Jenis Angelfish Air Laut yang Bisa Kalian Pelihara di Rumah


Di rumah, akuarium berukuran 30 galon atau lebih besar sangat cocok untuknya. Yellow Dottyback enggak akan takut dengan ikan lain dan akan mempertahankan wilayahnya. Bahkan ia akan berani melawan ikan yang ukurannya dua hingga tiga kali lipat. Makanan favoritnya yang berdaging termasuk udang air asin dan pakan olahan. Untuk mendapatkan warna kuning yang sangat terang, sangat direkomendasikan untuk memberikan makanan yang kaya vitamin.


Ikan Bicolor Dottyback (Pictichromis paccagnellae)

Ikan Bicolor Dottyback


Bicolor Dottyback, beken dengan panggilan Bicolor Pseudochromis atau Royal Dottyback, merupakan ikan yang punya 2 warna yang terang, bagian anterior punya warna ungu yang cantik dan bagian posterior berwarna kuning yang indah. Kamu harus menyediakan akuarium dengan ukuran 30 galon atau lebih besar sebelum memeliharanya. Bicolor Dottyback termasuk ikan yang berani, dan akan gigih mempertahankan wilayahnya.


Ia juga harus dihindari dari udang hias, karena pasti akan dimakan olehnya. Ia juga senang memakan cacing bristleworm yang mengganggu. Kamu bisa memberi pakan berupa udang air asin dan pakan beku olahan.


Ikan Double Striped Dottyback (Pseudochromis bitaeniatus)

Ikan Double Striped Dottyback


Double Striped Dottyback merupakan Pseudochromis hidup yang bisa menjadi energi positif buat akuarium laut. Meskipun tidak terlahir mempunyai warna yang sangat terang dan anggun seperti ikan dottyback yang lain, Double Striped Dottyback tetap bisa menarik perhatian. Double Striped Dottyback punya bentuk kepala yang unik berwarna kuning yang ditambah aksen garis horizontal lebar yang membentang di sepanjang badan.


Baca Juga: Si Cantik Blue Tang Ikan Hias Laut yang Beken Karena Finding Nemo


Kepala monokromatik dari Double Striped Dottyback terlihat sangat cantik dengan adanya garis yang terlihat berlapis, yang terdiri dari pita bewarna krem serta tambahan garis bewarna gelap yang mengingatkan kita dengan warna buah anggur. Ia juga punya pattern warna yang tegas dan grafis yang menambahkan tambahan warna yang menarik.


Karena ukurannya mungil, banyak penghobi yang ingin memelihara Double Striped Dottyback di akuarium dengan ukuran mini. Namun, akuarium yang bagus buat Double Striped Dottyback adalah akuarium air asin dengan ukuran paling tidak 30 galon dengan tambahan batuan hidup yang banyak. Kamu juga harus menambahkan tempat bersembunyi yang cukup untuk Double Striped Dottyback.


Mirip dengan spesies Dottyback yang sudah kita bahas di atas, disarankan saat memelihara Double Striped Dottyback sendirian kecuali akuariumnya sangat besar. Karena memiliki karakter yang energik, Double Striped Dottyback sangat pas dipelihara dalam akuarium komunitas laut yang lebih besar, di mana ia akan puas berenang dengan bebas menjelajah sudut-sudut akuarium. Ketahuilah kalau Double Stripped Dottyback akan dengan senang hati memakan udang hias jika ada kesempatan. Makanan dari Double Striped Dottyback yang bagus adalah makanan berdaging termasuk air garam yang ditambah vitamin dan udang mysis serta pakan beku yang sudah diolah.


Ikan Blue Eye Royal Dottyback (Pictichromis dinar)

Ikan Blue Eye Royal Dottyback


Blue Eye Royal Dottyback baru-baru ini membuat para penghobi menjadi senang, karena ia menjadi spesies Pseudochromis yang baru dideskripsikan. Sekilas, ia sangat susah dibedakan dari Royal Dottyback yang umum tersedia (Pictichromis paccagnellae). Namun, jika kamu melihatnya lebih detail, kamu bisa mendapati fitur unik yang unik dari Blue Eye Royal Dottyback.


Dimulai dengan fitur senama, mata dari spesies yang baru dideskripsikan ini punya rona biru yang cantik dibandingkan dengan mata keunguan Royal Dottyback yang sudah dikenal. Namun, kalau dilihat dari fisiknya yang menjadi ciri khas adalah ekor Blue Eye Royal Dottyback berbentuk mirip kecapi. Tepi atas dan bawah sirip ekor memanjanf untuk membentuk ekor klasik berbentuk kecapi. Meskipun masih kurang jelas kalau dibandingkan dengan lyretail khas, margin warna antara maroon anterior yang keren dan posterior kuning mencolok Blue Eye Royal Dottyback memperlihatkan pita warna transisi. Blue Eye Royal Dottyback juga harus kamu pelihara dalam akuarium laut yang sudah mapan dengan ukuran 30 galon atau lebih besar.


Setup yang ideal harus di sediakan batuan hidup serta tempat untuk bersembunyi. Ikan yang kuat ini bisa memperlihatkan sikap teritorial yang agresif kepada spesies sejenis dan paling bagus di tempatkan terpisah dengan pengecualian di akuarium rumah terbesar.


Baca Juga: Ikan Kakatua Si Penjaga Kelestarian Terumbu Karang Laut


Secara umum, Blue Eye Royal Dottyback yang enerjik ini mempunyai karakter yang energik dan tidak gampang terintimidasi oleh ikan lain bahkan dua sampai tiga kali ukuran badannya. Persis dengan Royal Dottyback, ia akan memakan udang hias dan merupakan predator cacing bristleworm yang mengganggu. Makanan Blue Eye Royal Dottyback bisa kamu berikan pakan olahan yang bervitamin. Supaya warnanya bisa terus cantik, kamu bisa memberikan makanan berupa krill yang mengandung karotenoid atau makanan peningkat warna yang ada di pasaran.


Ikan Orange Tail Dottyback (Pseudochromis coccinicauda)

Ikan Orange Tail Dottyback


Orangetail Dottyback adalah Pseudochromis yang susah ditangkap yang hingga sekarang ini sangat jarang terdapat di market. Oleh karena itu, informasi rinci mengenai Orangetail Dottyback sangat susah diperoleh. Namun, gampang untuk melihat mengapa ikan Dottyback mungil ini sangat diburu oleh para kolektor. Mendemonstrasikan dikromatisme seksual, Orangetail Dottyback jantan dan betina punya dua skema warna yang sangat berbeda, namun terlihat sangat unik. Berkenaan dengan spesies dichromatic, betina umumnya dianggap punya warna yang kurang indah. Namun, Orangetail Dottyback betina yang mempunyai ekor berwarna oranye yang senama.


Warna tubuh dominan dari Orangetail Dottyback betina adalah cokelat lembut dengan sedikit warna merah muda kehitaman. Sebaliknya, Orangetail Dottyback jantan didominasi warna biru gelap yang terlihat kalem. Warna tubuh yang kalem ini diberi energi oleh warna emas kontras yang terang yang meliputi bagian bawah kepala dan tubuh. Garis vertikal warna-warni menambahkan sentuhan akhir pada Orangetail Dottyback jantan yang memukau.


Orangetail Dottyback cenderung lebih penyendiri dibanding Pseudochromis suka berteman dengan yang lain. Oleh karena itu, setup akuarium yang tepat buat Orangetail Dottyback adalah akuarium air asin yang mapan dengan ukurang minimal 30 galon aquascape dengan jumlah batu hidup yang banyak. Sediakan tempat persembunyian yang banyak buat Orangetail Dottyback sebagai tempat perlindungan. Setelah ia beradaptasi, Orangetail Dottyback akan banyak mengeksplorasi tetapi tidak jauh dari tempat persembunyiannya. Saat Orangetail Dottyback sudah terbiasa dengan lingkungannya, ia akan mulai berani berenang agak jauh. Mirip dengan spesies Dottyback lainnya, disarankan untuk memelihara Orangetail Dottyback sendirian kecuali jika ukuran akuarium kamu besar. Makanannya yang ia suka adalah daging termasuk air garam yang diperkaya vitamin dan udang mysis serta pakan beku pabrikan.


Elongate Dottyback (Pseudochromis elongatus)

Elongate Dottyback


Elongate Dottyback, beken dengan panggilan Floppy-Tail Dottyback yang berasal dari Indonesia, tepatnya berasal dari Sulawesi dan Kepulauan Molucca di Indonesia. Karakternya yang paling kelihatan jelas adalah keindahannya yang luar biasa. Punya gradien warna merah dan oranye yang mencolok, Elongated Dottyback punya warna yang berani ke akuarium laut. Yang lebih menonjol adalah karakternya yang relatif damai kalau dibandikan ikan dottyback yang lain. Meski enggak agresif, Elongated Dottyback bukan ikan yang pemalu.


Setelah ia sudah beradaptasi, Elongated Dottyback akan menghabiskan waktu di tempat terbuka untuk mengekplorasi. Dottyback mungil ini tidak akan menyerang krustasea dan udang hias sehingga bisa kamu pelihara dalam akuarium terumbu. Setup yang tepatu untuk Elongated Dottyback adalah akuarium air asin yang mapan dengan ukuran minimal 30 galon, dengan tambahan batu karang yang banyak. Buat tempat persembunyian yang cukup untuk Elongated Dottyback. persis dengan Dottyback lainnya, disarankan memelihara Elongated Dottyback sendirian kecuali akuariumnya sangat besar. Dottyback harus kamu beri makanan yang bervariasi, kamu bisa memberi pakan yang dirancang khusus untuk karnivora. Jika dipelihara di akuarium terumbu karang, Elongate Dottyback bisa kamu beri pakan sehari sekali.


Makanan Ikan Dottyback

Makanan Ikan Dottyback



Ikan dottyback butuh diet seimbang yang terkandung berbagai makanan laut berbasis hewani. Makanan yang punya vitamin tinggi seperti karoten serta vitamin A dibutuhkan bagi mereka untuk bisa berkembang dan mengeluarkan warna yang paling cerah. Makanan seperti krill dan udang mentah cincang bisa jadi sumber vitamin terbaik. Untuk bisa mendapatkan vitamin ini di alam liar ia dapati dari tanaman dan plankton yang kaya dengan karoten dan vitamin A.


Baca Juga: Cara Pelihara paling Mudah dan Fakta Menarik dari Lion Fish


Diet seimbang bisa di campur dengan makanan hewani dengan sedikit bahan nabati atau alga paling pas untuk mengcover semua vitamin dan mineral yang dibutuhkan dottyback untuk menjaga sistem imun. Bagusnya mereka diberi makan dua hingga tiga kali per hari dalam jumlah yang bisa mereka habiskan dalam waktu lima hingga sepuluh menit.


Opsi makanan yang bagus meliputi krill, udang mentah cincang, udang mysis, udang air asin, kerang mentah cincang, cumi mentah cincang, kerang mentah cincang, serta ganggang laut dan spons laut. Pakan serpih komersial dengan kualitas tinggi dan makanan beku olahan yang dirancang untuk ikan karnivora laut juga merupakan sumber pakan sangat bagus untuk spesies ini. Makanan-makanan tersebut sering dipakai di penangkaran.

LihatTutupKomentar

Sponsor Mascota