-->

Sponsor Mascota

Perawatan Akuarium Air Laut Paling Mudah untuk Pemula

Pelihara ikan dalam akuarium air laut jauh lebih susah dibanding ikan akuarium air tawar. Bila kamu melakukan kesalahan sedikit saja bisa sangat fatal, padahal harga ikan dan perawatan akuarium air laut jauh lebih mahal.


perawatan akuarium air laut





Bila kamu ingin ikan hias air laut kamu bisa bertahan ada beberapa yang mesti diketahui perawatan akuarium air laut. Perawatan disini berarti kamu harus berhati-hati memonitor keadaan akuarium. Berikut beberapa tips yang sudah mascota rangkum dari beberapa sumber.


Baca Juga: Fakta Doctorfish Ikan Laut yang Menjadi Dokter Para Ikan


Temperatur Akuarium Air Laut


Kamu perlu memperhatikan suhu air laut harus berada di 23 dan 28 derajat Celsius. Ikan air laut hidup di antara dua temperatur tersebut.


Derajat Keasinan


Kamu harus tahu takaran garam yang larut dalam air harus pas. Skala ini dihitung dalam bagian 1.000 unit air. Derajat keasinan air laut kira-kira 34 hingga 37 bagian per 1.000 unit air. Bila kamu tidak yakin, kamu bisa minta bantuan jasa pakar akuarium, karena akuarium kamu perlu sebisa mungkin mendekati ukuran terebut.


Kamu juga bisa menggunakan alat pengukur derajat keasinan akuarium dengan refraktometer atau hidrometer. Alat itu bisa kamu temukan di seluruh toko ikan hias.


Level PH Air


Pastikan air dalam akuarium punya level pH yang pas. pH merupakan ukuran jumlah asam atau alkali dalam air. Kamu bisa mengetahui derajat pH dengan garis berwarna dengan strip yang bisa didapatkan di toko ikan hias.


Baca Juga: Royal Gramma Basslet Ikan Hias Air Laut Cantik


Pentingnya Tanaman Air Laut dalam Akuarium


Selain membuat akuarium jadi lebih indah, tanaman air laut sangat disukai ikan karena bisa jadi menjadi tempat mereka bermain.


Tanaman air juga dapat menghasilkan oksigen dan mengurangi muatan nitrat di dalam air yang dapat memelihara kualitas air di dalamnya.


Baca Juga: 20 Jenis Ikan Laut Cantik yang Mudah Dipelihara dalam Rumah


Inilah beberapa tanaman yang dapat kamu pilih:

  • Anggur hijau
  • Rumput laut
  • Rumput asam

Berikutnya adalah cara membersihkan akuarium, adalah membersihkan air dan isi akuarium setelah beberapa waktu sudah kamu isi ikan-ikan disana. Ini yang perlu kamu lakukan.

  • Pindahkan material yang ada di dasar akuarium dan masukan ke wadah lain. Pastikan wadah tersebut cukup besar sehingga material bisa masuk sepertiga wadah.
  • cuci material dalam ember dengan air tawar, lalu aduk. Jangan langsung menggunakan tangan karena kemungkinan ada benda tajam di pasir laut. Gunakan alat bantu seperti tongkat.
  • Waktu kamu mengaduk, pasir akan naik kepermukaan, buang air berikut pasirnya dari wadah. Lakukan berulang kali sampai guyuran air yang bercampur material terlihat tidak keruh.Dan jangan lupa dikeringkan, taruh material tadi di tempat yang datar.
  • Ulangi proses tersebut semua benda di dalam akuarium disingkirkan dan dibersihkan. Setelah itu kacanya jangan lupa dibersihkan dan keringkan.
    Masukan lagi akuarium dengan air laut. Cara ini berguna untuk pembersihan besar dan tidak perlu sering dilakukan bila kamu ingin membersihkan.
    Intinya, menjaga air akuarium tetap bersih dan bebas dari bau, cukup buang seperempat air di dalam akuarium lalu ganti air laut yang baru.
LihatTutupKomentar

Sponsor Mascota