-->

Sponsor Mascota

Fakta Doctorfish Ikan Laut yang Menjadi Dokter Para Ikan

Doctorfish (Acanthurus chirurgus) mungkin tidak memiliki nama yang paling glamor di dunia. (Mereka juga dikenal sebagai – tunggu – ahli bedah) Tapi kamu tidak boleh mengabaikannya. Sebagai anggota kelompok tang, ikan hias air laut ini membawa beberapa kualitas terbaik ke tangki karang kamu. 


Dan sementara mereka mungkin memiliki nama yang "membosankan" (seperti halnya tangs), mereka datang lengkap dengan banyak detail bagus yang ingin kamu banggakan kepada semua orang yang mampir untuk berkunjung.


Doctorfish datang dengan paling kebutuhan yang sama dengan sepupu mereka yang lebih mencolok. Tetapi jika kamu belum pernah menemukan salah satu keajaiban sekolah ini sebelumnya, kamu mungkin ingin bertahan. kamu tidak pernah tahu kapan kamu mungkin menemukan sesuatu yang penting. (Katakanlah, fakta bahwa kamu tidak akan berakhir dengan sekolah di tangki rumah kamu)


Deskripsi Doctorfish

Deskripsi Doctorfish




Pada pkamungan pertama, kamu mungkin tidak berpikir banyak tentang doctorfish. Mereka memiliki bentuk tang biasa (belah ketupat datar). Tapi itu tidak terlalu menonjol. kamu cenderung menemukannya dalam warna abu-abu kebiruan atau coklat dengan 10-12 pita gelap di sisinya. Selain palang tersebut, satu-satunya ornamen adalah cincin biru di sekitar "pisau bedah" di pangkal ekornya. (Tulang belakang yang setiap ahli bedah mendapatkan namanya) Tidak begitu mengesankan ketika kamu telah melihat beberapa tangs terang melesat di sekitar karang.


Baca Juga: Royal Gramma Basslet Ikan Hias Air Laut Cantik


Tapi kemudian seekor doctorfish bergerak dari karang ke pasir, dan kamu melihatnya: perubahan warna! Warna coklat tua berubah menjadi biru pucat (atau sebaliknya jika ikan bergerak ke arah lain). Atau mungkin laki-laki dalam kelompok memancarkan rona cerah untuk menegaskan dominasi. kamu bahkan dapat melihat sekolah berubah warna ketika mereka melihat pemangsa potensial, memperhatikan tulang belakang di ekor mereka. Ini adalah salah satu detail yang lebih luar biasa dari spesies tang ini.


Tangs ini mencapai kemampuan mengubah warna melalui iridophores di sisik mereka. Semua ikan memiliki kromatofora khusus ini (pigmen warna) dalam berbagai tingkat. Iridofor mengontrol jumlah pantulan atau "kilauan". Saat mereka membuka atau menutup, doctorfish menjadi lebih cerah (biru) atau lebih gelap (hitam). Mereka menggunakan perubahan warna untuk komunikasi di dalam sekolah dan mewakili suasana hati ketika ditempatkan sendirian di dalam tangki.


Garis-garis di sisinya membantu membedakannya dari tang lain dengan warna dasar biru atau gelap itu. Dan, tentu saja, begitu juga highlight di sekitar pisau bedah. Mereka menggunakan tulang belakang untuk pertahanan melawan predator dan untuk terlibat dalam pertarungan untuk dominasi. kamu perlu mengingatnya setiap kali kamu menangani ikan. Luka dari sayatan dapat mengakibatkan pembengkakan dan kemungkinan infeksi (belum lagi sakit!).


Umur Doctorfish


Doctorfish menyebar melintasi Atlantik dan ke Teluk Meksiko. Penyelam dan pemancing sering melihat mereka bersekolah di sepanjang tangs laut (Acanthurus bahianus). Jika kamu menjelajah ke habitat terumbu yang lebih dangkal, kamu mungkin akan menemukan satu (yah, lebih dari satu – mereka biasanya berada dalam kawanan yang mengesankan).


Sepanjang jangkauan mereka, mereka berakhir di menu lokal. kamu mungkin ingin berpikir dua kali sebelum melakukan pemesanan. Doctorfish diketahui membawa risiko keracunan ciguatera. Karena mereka memakan dinoflagellata yang membawa toksin, itu adalah dadu. kamu lebih baik membiarkan ikan tersebut tinggal dan berkembang biak di habitat aslinya.


Di Panama dan Bahama, para ilmuwan telah mencatat doctorfish pada usia 16-27 tahun. Dan beberapa berpikir mereka bertahan hingga 43 tahun – asalkan mereka tidak menderita tingkat stres yang tinggi. Tentu saja, itu adalah rentang hidup liar. Di akuarium rumah, mereka biasanya hanya hidup sekitar 7-8 tahun (bahkan dengan perawatan terbaik).


Menciptakan Dunia Doctorfish yang Ideal

membuat akuarium untuk doctorfish


Doctorfish muncul sejauh utara Massachusetts dan selatan sejauh Brasil. Jika kamu menuju ke timur, kamu akan melihat mereka di sepanjang pantai tropis Afrika. Dan mereka adalah ikan yang populer di seluruh terumbu di Teluk Meksiko dan Karibia. Mereka mencari makan di sepanjang padang lamun dan di atas batu dangkal dan terumbu karang (tidak lebih dalam dari 130 kaki/40m). Tidak mengherankan jika menemukan tang bergaris ini bersama ikan tang dan ikan gerombolan lainnya.


Baca Juga: Mengenal Ikan Chalk Bass yang Ramah Buat Para Pemula


Jika kamu ingin menambahkan doctorfish ke akuarium terumbu karang, kamu tidak perlu terlalu khawatir. Satu hal yang sama dari semua wilayah itu adalah SPACE. Ikan ahli bedah ini membutuhkan ruang untuk berenang. Di alam liar, mereka menghabiskan siang hari menjelajahi karang dan pasir untuk mencari makanan. Dan kamu membutuhkan banyak ruang renang terbuka bagi mereka untuk melakukan hal yang sama di tangki kamu.


Pada malam hari, doctorfish bersembunyi di celah-celah dan gua-gua di sepanjang karang untuk tidur. Tempat persembunyian membuat mereka aman dari pemangsa. Jadi saat kamu menginginkan ruang terbuka untuk berenang di tengah akuarium kamu, kamu akan ingin menambahkan struktur batu hidup di sekeliling untuk "kamar tidur."


Sudut dan celah itu juga perlu mengakomodasi ukuran dewasa dari doctorfish kamu. Baik kamu memilih untuk memiliki akuarium khusus ikan (populer saat kamu berurusan dengan ikan ahli bedah sebesar ini) atau akuarium terumbu karang, menjaga tingkat stres tetap rendah dengan menawarkan tempat persembunyian akan meningkatkan kesehatan ikan kamu secara keseluruhan. Mereka tidak menghasilkan lapisan lendir yang tebal, dan itu membuat mereka rentan terhadap infeksi. kamu ingin mereka tetap nyaman dan bahagia.


Ukuran Aquarium yang Cocok


Pada skala ukuran surgeonfish, doctorfish adalah ikan akuarium air asin yang muncul di dekat bagian atas. Mereka rata-rata memiliki panjang sekitar 12 inci (30,5 cm) saat dewasa. Dengan kondisi hidup yang tepat, kamu dapat melihat panjang maksimum 14 inci (35.6cm). Dan karena kamu perlu menawarkan ruangan sebanyak mungkin untuk berenang, itu berarti menyediakan ukuran akuarium yang sesuai.


kamu tidak boleh lebih kecil dari 100 galon (379L) – dan itu untuk SATU dari tang bergaris ini. Sebagian besar penghobi tidak memilih untuk menyimpan lebih dari satu sekaligus (kita akan membahasnya sebentar lagi), jadi biasanya itu tidak menjadi masalah. Jika kamu ingin mencoba mendirikan sekolah, kamu harus menambah ukuran tangki yang direncanakan. Tangs ALL memiliki sifat agresif yang terkubur dalam DNA mereka. Jika kamu tidak mengizinkan semua orang memiliki ruang, kamu meminta masalah dengan intimidasi di jalan.


Apakah Doctorfish Aman dalam Akuarium Terumbu?


Doctorfish memiliki gigi khusus yang memungkinkan mereka untuk "menyisir" ganggang dari batu dan permukaan lainnya. Ini membuatnya ideal untuk disimpan di tangki karang. Dan karena mereka tidak tertarik untuk menargetkan polip karang, kamu tidak perlu khawatir tentang kerusakan pada penambahan SPS atau LPS kamu. Itu salah satu alasan aquarists menganggapnya sebagai tambahan yang menyenangkan.


Namun, kamu perlu mengawasi invertebrata kamu. Mereka mungkin pemakan alga, tetapi mereka adalah omnivora, bukan herbivora. Dan tidak ada yang mereka sukai selain moluska yang lezat. kamu mungkin menemukan mereka mencoba membuka kerang atau kerang kamu. Atau mereka bisa mulai mengincar beberapa krustasea kamu yang lebih kecil.


Baca Juga: Blenny Fish Mulai Populer Dipelihara di Akuarium Air Laut


Selama kamu menjaga doctorfish kamu cukup makan, itu tidak akan menjadi masalah. kamu harus tetap mengingat hal ini saat menyiapkan akuarium kamu.


Karakteristik Doctorfish dan Tankmate yang Cocok



Di alam liar, ikan doktor merumput di sekolah-sekolah. Mereka berkeliaran di atas padang lamun dan terumbu karang, menembus bebatuan dan pasir. kamu akan sering menemukannya di perusahaan ikan lain


Sebagai anak-anak, doctorfish muncul di stasiun pembersihan – sebagai pembersih. Mereka menghilangkan parasit dan ganggang dari penyu hijau. kamu akan sering melihat mereka bekerja di sekitar kepala, sirip, dan di sepanjang cangkang.


Namun, begitu ikan dewasa menjadi dewasa, mereka mengunjungi stasiun pembersihan untuk dibersihkan. Dan di situlah kebiasaan mengubah warna itu berguna. Doctorfish menyesuaikan sisiknya untuk menunjukkan area masalah, membiarkan ikan gobi dan pembersih membidik parasit.


kamu tidak akan melihat perubahan yang sama jika ikan doktor berhenti di stasiun pembersihan yang dioperasikan oleh udang. Ini karena udang menggunakan sentuhan untuk bekerja, bukan penglihatan.


Baca Juga: 20 Jenis Ikan Laut Cantik yang Mudah Dipelihara dalam Rumah


Sayangnya, persahabatan yang tercatat di alam liar tidak terbawa ke akuarium rumah. Kecuali kamu menyiapkan tangki MASSIVE – lengkap dengan banyak ruang bagi semua orang untuk membangun wilayah mereka – yang terbaik adalah hanya memelihara SATU doctorfish. Mereka tidak akur satu sama lain di lingkungan penangkaran.


Tidak seperti kebanyakan tang, kamu BISA memelihara ikan doktor dengan spesies Acanthurus lainnya. Bagian dari pemrograman mereka tampaknya tetap utuh. Mereka memiliki temperamen moderat dan mentolerir ikan yang biasanya mereka ajak bergaul di terumbu karang. Ini termasuk:



kamu ingin bergerak hati-hati dengan pemakan alga lainnya. Meskipun doctorfish tidak benar-benar memakan alga, mereka akan menjadi agresif jika merasa persediaan makanannya sedikit. Dan menambahkan tang LAST akan membantu meredakan potensi intimidasi sebelum sempat terjadi.


membudidaya Ikan Doktor


Doktor jantan dan betina terlihat sama. Ini tidak menimbulkan banyak masalah, karena membuat spesies bertelur di lingkungan penangkaran biasanya tidak terjadi. Dan itu karena kamu membutuhkan grup (dan mereka tidak terlalu menyukai satu sama lain di akuarium).


Baca Juga: Harga Ikan Hias Air Laut dan Cara Perawatan untuk Pemula


Tang ini muncul dalam kelompok saat larut malam. Telur yang telah dibuahi hanyut pada satu tetes minyak selama 24 jam sebelum menetas. Larva acronurus muncul dan bergabung dengan bagian aktif plankton. Larva tembus pkamung ini TIDAK terlihat seperti orang dewasa. Tersandung pada larva di plankton, para ilmuwan awalnya mengira bentuk berlian, mata BESAR, dan sirip dada yang menonjol mewakili genus ikan yang terpisah. Perlu mengamati perkembangan menjadi doctorfish remaja untuk menyadari kesalahannya.


Dibutuhkan sekitar seminggu bagi larva untuk bermetamorfosis menjadi remaja. Mereka kemudian hanyut ke pantai dan menetap di karang. Dan pertumbuhan pesat itu terus berlanjut. Pada saat doctorfish muda berusia sembilan bulan, mereka matang secara seksual.

LihatTutupKomentar

Sponsor Mascota