-->

Sponsor Mascota

Royal Gramma Basslet Ikan Hias Air Laut Cantik

Royal Gramma Basslet menambah kemeriahan warna pada akuarium air laut mana pun. Ini memiliki bagian depan berwarna ungu cerah hingga ungu yang kontras dengan bagian belakang berwarna kuning cerah. Diinginkan karena pola warnanya yang unik dan ukuran dewasa yang relatif kecil, Gramma loreto adalah ikan untuk pemula yang hebat yang sangat cocok untuk sistem terumbu nano kecil.


Berasal dari terumbu laut dalam di Karibia, anggota keluarga Grammidae ini lebih menyukai gua batu yang luas untuk bersembunyi dan pencahayaan yang agak redup. Karena menunjukkan agresi teritorial terhadap jenisnya sendiri, Royal Gramma Basslet harus ditempatkan sendiri-sendiri. Namun, sebagian besar Royal Gramma Basslets bersikap damai terhadap teman tank dengan ukuran dan temperamen yang sama.


Baca Juga: Ikan Kakatua Si Penjaga Kelestarian Terumbu Karang Laut


Untuk perawatan terbaik, simpan Royal Gramma Basslet dalam sistem terumbu minimal 30 galon. Karena ini adalah karnivora, beri makan makanan yang bervariasi dari daging, termasuk udang air asin, udang mysis, dan olahan beku berkualitas.


Fakta Perawatan Ikan Royal Gramma

  • Nama umum: Ikan gramma kerajaan, Peri basslet
  • Nama ilmiah: Gramma loreto
  • Ukuran: ~3 inci (7-8 cm), dengan bentuk badan/torpedo yang sempit
  • Ukuran tangki minimum: 20-30 galon (75-113 Liter)
  • Aman untuk terumbu karang: ya
  • Tingkat perawatan atau pengalaman: mudah, sesuai untuk semua tingkat pengalaman
  • Diet yang disukai: Makanan kecil dan berdaging
  • Tersedia dalam penangkaran: Secara teknis, ya, tetapi bukan yang paling umum tersedia
  • Bagian asli dunia: Terumbu Karibia di sekitar Bermuda, Bahama, dan Amerika Selatan
  • Diet: Makanan berdaging seperti udang air asin, udang mysis, cacing hitam, atau seafood cincang lebih disukai

Berapa Harga Royal Gramma Basslet?

Harga Royal Gramma Basslet


Kalau di Amerika ikan ini di hargai berkisar $20-30, Nah kalau masuk ke Indonesia harga ikan ini bisa dibilang cukup mahal. Ya di Indonesia bisa menyentuh harga Rp. 500.000,- sampai Rp. 1.000.000,- per ekornya.


Nah kalau langsung di impor dari luar negeri bisa menyentuh di harga Rp. 1.100.000 sampai 1.700.000 yang memiliki panjang 5 sampai 6 cm. Di
Indonesia harganya termasuk mahal karena dikenai pajak bea masuk.


Berapa Ukuran Panjang Basslet Royal Gramma?

Ukuran dari ikan ini adalah fitur pembeda lainnya. Ikan Gramma loreto dewasa yang sepenuhnya matang tumbuh hingga berukuran sekitar 3 inci.


Apakah Royal Gramma Basslet Ramah Terhadap Terumbu?

Mungkin pertanyaan paling penting untuk dipertimbangkan dengan ikan apa pun (jika Anda menambahkannya ke tangki terumbu karang) adalah apakah ikan tersebut dianggap aman untuk terumbu karang—lebih banyak kabar baik untuk kamu.


Royal Gramma Basslet jelas aman untuk terumbu karang. Mereka beradaptasi dengan baik untuk hidup di tangki air asin dan meninggalkan karang, kerang, dan invertebrata lainnya sendirian.


Perawatan dan Pemberian Makan Royal Gramma

Perawatan Royal Gramma Basslet


Dari perspektif perawatan dan peternakan, gramma loreto tampaknya tidak memiliki persyaratan yang sangat spesifik atau mengganggu. Mereka makan hampir apa saja. Menurut pengalaman saya, mereka cenderung lebih menyukai makanan hidup yang mengandung daging, seperti udang air asin dan cacing hitam, tetapi mereka juga dengan rakus memakan makanan beku yang mengandung daging, seperti udang Mysis.


Baca Juga: Ikan Hias Air Laut Apakah bisa Hidup di Air Tawar?


Seperti kebanyakan ikan, mereka akan mengambil persembahan makanan hidup atau beku daripada makanan serpihan atau pelet yang sudah disiapkan, tetapi mereka akan mengkonsumsi makanan siap saji jika hanya itu yang ditawarkan. Mulut mereka tampaknya sangat besar dibandingkan dengan ukuran tubuh mereka, dan mereka mampu memakan makanan yang cukup besar ketika mereka termotivasi untuk melakukannya.


Saya baru saja menambahkan gourmet defroster, gadget kecil yang dibuat oleh Innovative Marine, yang membantu planktivora seperti basslet. Masukkan saja ke dalam kubus makanan beku, dan itu akan mengapung ke kolom air saat mencair. Ini hanya berlangsung beberapa menit dari awal hingga akhir, tetapi ini hanya sedikit mengurangi waktu makan dibandingkan dengan metode pencairan saya sebelumnya…dan memasukkan makanan ke dalamnya.


Apakah Ikan Royal Gramma Suka Bersembunyi?

Di akuarium karang dengan struktur yang memadai, ikan Royal gramma akan menghabiskan waktunya di dalam air secara vertikal, dengan perutnya di sepanjang dinding akuarium atau aquascape karang yang disukai.


Warna ungu dan kuning mereka yang berani akan menonjol di terumbu mana pun – dan keberanian mereka secara umum akan menjadikannya makanan pokok di tangki terumbu mana pun dan merupakan bagian dari apa yang membuat mereka menjadi ikan pemula yang hebat untuk tangki terumbu mana pun.


Kadang-kadang mereka bisa sedikit pemalu, bersembunyi di celah-celah batu Anda, atau jika benar-benar takut, mereka mungkin benar-benar berenang ke dalam batu jika dapat menemukan tempat untuk masuk dan bersembunyi. Anda dapat mendorong mereka untuk lebih berani jika Anda memiliki ikan berani berenang di dalam tangki, menandakan 'semuanya jelas.' Mereka mungkin dibujuk oleh sedikit makanan jika mereka merasa aman.


Salah satu hal favorit saya tentang gramma loreto adalah bahwa mereka kadang-kadang akan menghabiskan waktu mereka ditangguhkan di (apa yang tampak bagi saya) sudut yang tidak biasa berdasarkan kaca akuarium atau batu di tangki Anda. Sangat menyenangkan untuk diamati.


Penampilan dan Identifikasi

Ikan Royal gramma berwarna ungu dari kepala hingga ke tengah tubuh dan kuning dari tengah tubuh hingga ke ekor. Transisi dari ungu ke kuning bertahap, menyatu seperti gradien, vs. garis kasar. Fitur pembeda lainnya adalah:


1. Garis hitam yang keluar dari mulut melalui mata menuju bagian belakang kepala
2. Bintik hitam di bagian depan (depan) sirip punggung


Pastikan untuk mencari semua fitur pembeda tersebut untuk menghindari pembelian spesies yang salah secara tidak sengaja. Sebagai perbandingan, Royal Dottyback dengan warna yang sangat mirip juga memiliki bodi berwarna ungu dan kuning. Kamu dapat melihat dottyback tidak memiliki garis hitam di matanya, bintik hitam di sirip punggung, dan sangat 'keras'. ' garis yang memisahkan warna ungu dari warna kuning.


Baca Juga: Cara Merawat Ikan Hias Air Laut yang Tepat untuk Pemula


Apakah Basslet Royal Gramma Termasuk Ikan yang Agresif?

Beberapa tahun yang lalu, saya telah membeli tiga ikan basslet Royal gramma kecil dari toko ikan lokal yang berniat untuk membiakkan ikan yang luar biasa ini, tetapi trio piscine tidak bertahan lama.


Dua dari ikan itu tampaknya baik-baik saja – tetapi mereka mengeroyok ikan ketiga – dan ketika ikan ketiga tidak ada lagi – dua spesimen grama kerajaan yang tersisa, yang tampaknya rukun sementara ikan ketiga dalam campuran, segera berbalik satu sama lain.


Saya tahu ini bukan penelitian lengkap tentang agresi sejenis yang terlihat dalam spesies ini. Namun, saya telah membaca cukup banyak akun yang mendorong penambahan satu spesimen grama kerajaan, per akuarium, untuk mengekstrapolasi pengalaman pribadi saya dan membenarkan aturan praktis yang lama.


Satu-satunya agresi lain yang harus Anda waspadai, dengan ikan ini, adalah dengan saingan yang mirip, royal dottyback.


Tolong jangan coba-coba menyimpan kedua spesies ini di akuarium yang sama. Hal-hal tidak akan berakhir dengan baik untuk setidaknya satu dari mereka. Selain itu, ikan Royal gramma kompatibel dengan semua karang dan sebagian besar spesies ikan lainnya.


Tankmate yang Cocok Buat Si Royal Gramma Basslet

Seperti disebutkan sebelumnya, gramma loreto kompatibel dengan sebagian besar ikan karang damai lainnya. Saya pribadi telah berhasil memelihara mereka dengan yellow tang, engineer gobies, beberapa jenis angelfish, green chromis, ikan nemo, flame cardinalfish, cardinalfish Banggai, cardinalfish piyama, ikan gobi Neon, ikan gobi diamond, dan saya yakin banyak. lagi. Mudah-mudahan, itu memberi Anda gambaran yang baik tentang jenis ikan yang cocok dengannya.


Jenis ikan hias air laut yang akan saya hindari adalah ikan agresif apa pun, termasuk ikan blue devil atau ikan domino damselfish, ikan pemangsa seperti dwarf lionfish , atau snowflake eels, atau spesies serupa, seperti dottyback atau mungkin Assesor.


Spesies Biotop

Jika Anda mencoba untuk menjaga tata bahasa Kerajaan di habitat sealami mungkin (mensimulasikan terumbu karang di Samudra Atlantik, misalnya), ikan cardinal api, chromis biru, ikan gobi neon, dan tang biru Atlantik akan menjadi teman tangki alami yang hebat.


Baca Juga: Si Cantik Blue Tang Ikan Hias Laut yang Beken Karena Finding Nemo


Kondisi Akuarium yang Disukai Ikan Royal Gramma Basslet

Royal gramma basslet adalah ikan kecil yang umumnya damai yang hanya membutuhkan sekitar 20-30 galon ruang akuarium sebagai ukuran tangki minimum. Seperti kebanyakan ikan akuarium air asin, mereka cenderung lebih aman saat ditempatkan di tangki dengan batu hidup untuk bersembunyi di belakang atau di dalam. Mereka juga melakukannya dengan baik ketika parameter air akuarium terumbu standar dipertahankan:


  • Suhu: ~78 derajat Fahrenheit
  • Salinitas: ~ 1,025 berat jenis (itu adalah ukuran yang digunakan untuk memperkirakan salinitas)
  • Nitrat, Nitrit, dan Amonia: ~0 ppm (bagian per juta)
  • pH: ~ 8.1-8.4

Parameter air tersebut paling mudah dicapai ketika Anda membuat air asin sendiri dengan campuran garam komersial.


Pemijahan Royal Gramma Basslet

Pemijahan Royal Gramma Basslet


Tidak ada dimorfisme seksual yang ditunjukkan antara ikan basslet Royal Gramma Fairy jantan dan betina, yang pada dasarnya berarti Anda tidak dapat membedakan mereka hanya dengan melihatnya. Begitu mereka mulai mengikat, ikan jantan umumnya lebih besar daripada betina, dan betina yang lebih pendek mungkin terlihat sedikit lebih bengkak di daerah usus jika mereka memang memiliki ovarium yang penuh dengan telur yang matang.


Gramma loreto adalah ikan air asin pemijahan gua yang cenderung berkembang biak di harem – satu jantan cenderung bertelur dengan beberapa betina di sarang yang dibuat jantan, di gua, dari makroalga – atau bahan serupa lainnya yang tersedia bagi mereka.


Seekor betina akan bertelur sekitar 20+ telur sekaligus. Telur membutuhkan waktu sekitar 7 hari hingga larva siap menetas. Seperti kebanyakan ikan air asin, penetasan telur dipengaruhi oleh suhu. Suhu yang lebih hangat akan menghasilkan penetasan yang lebih cepat, dan sebaliknya berlaku untuk suhu yang lebih dingin. Musim kawin alami adalah Januari hingga Juni, dengan beberapa laporan aktivitas yang berlangsung hingga awal Musim Gugur.


Karena telur diletakkan selama beberapa malam, penetasan telur, demikian pula, berlangsung selama beberapa malam – membuat mereka sedikit menantang ikan untuk berkembang biak dan juga membuat mereka calon ideal untuk menangkap larva, karena larva umumnya menetas di malam hari dan dapat dikumpulkan dengan snagger larva tanpa campur tangan manusia dalam jumlah yang signifikan.


Penangkap larva bekerja seperti ini – kebanyakan larva dan zooplankton lainnya, dalam hal ini, cenderung fototropik, yang berarti mereka tertarik oleh cahaya dan akan berenang ke cahaya. Oleh karena itu, pengumpulan larva paling baik dilakukan saat tangki dan ruangan di sekitarnya gelap. Larva kemudian akan berenang menuju cahaya dan dapat tersedot (tersangkut) ke dalam perangkap. Kedengarannya kejam, tetapi sebenarnya tidak, atau Anda salah melakukannya.


Larva yang baru menetas berukuran cukup besar, menurut standar akuarium terumbu, dan dapat diberi makan rotifera.


Meskipun saya telah mencatat sebelumnya bahwa ikan Royal gramma adalah pemijahan harem, umumnya ikan ini paling baik dipelihara sebagai ikan tunggal di akuarium rumah karena agresi sangat mungkin terjadi antara ikan dari spesies yang sama. Saya telah menyaksikan ini secara langsung. Saya menduga agresi itu antara dua laki-laki saingan, tapi saya tidak bisa memastikan.


Apakah Ikan Royal Gramma Suka Melompat Keluar Akuarium?

Disarankan agar Anda memiliki tutup yang pas di akuarium air laut Anda untuk mencegah ikan Royal gramma baru Anda melompat saat terkejut. Ini bukan perilaku unik untuk spesies ini. Banyak spesies ikan yang berbeda diketahui melompat keluar dari air ketika terkejut.


Berapa Banyak Royal Gramma yang Bisa dalam Satu Akuarium?

Saran umum terbaik untuk menjaga agresi di akuarium air asin adalah satu ikan per keluarga ikan, per aturan tangki, karena agresi umum terjadi di antara dua ikan yang serupa. Nasihat itu juga berlaku untuk ikan Royal gramma, meskipun dimungkinkan untuk memelihara kelompok kecil di akuarium Anda.


Baca Juga: 20 Jenis Ikan Laut Cantik yang Mudah Dipelihara dalam Rumah


Seperti disebutkan sebelumnya, basslet Royal Gramma adalah pemijahan harem di alam, yang berarti satu jantan (relatif lebih besar) akan kawin dengan banyak betina (relatif lebih kecil). Jika Anda berencana untuk memelihara lebih dari satu dalam satu tangki, yang terbaik adalah mencoba untuk meniru struktur sosial itu, dengan menambahkan satu ikan yang lebih besar dengan beberapa ikan yang lebih kecil, pada saat yang sama sehingga setiap individu memiliki kesempatan untuk membangun wilayah mereka secara bersamaan.


Pengalaman Pribadi Memelihara Fairy Basslet

Saya akan berbagi bahwa pengalaman pribadi saya mencoba untuk menjaga kelompok dan membangun harem berkembang biak bertemu dengan banyak agresi. Akhirnya, kelompok itu menetap, tetapi hanya setelah setuju untuk mengejar satu inci dari hidupnya. Tidak membagikan itu sebagai pengalaman biasa, hanya pengalaman pribadi, terus terang.


Alternatif untuk Fairy Basslet

Saya pribadi menyukai ikan air laut berwarna berani ini, tetapi saya juga tahu itu bukan ikan yang tepat untuk semua situasi, akuarium, atau selera pribadi. Jadi, inilah beberapa ikan serupa lainnya yang bisa Anda pertimbangkan.


Jika Anda tertarik dengan ikan dengan tampilan serupa (bentuk torpedo, warna ungu mencolok, Anda mungkin ingin mempelajari lebih lanjut tentang Purple tang atau orchid dottyback. Atau jika Anda menyukai bentuk torpedo dan kuning cerah, Anda dapat mempertimbangkan blenny Midas atau Yellow coris wrasse.


Atau jika Anda tertarik dengan basslet yang berbeda, Anda dapat mempertimbangkan bass chalk atau Blackcap.

 

 

 

LihatTutupKomentar

Sponsor Mascota