-->

Sponsor Mascota

Si Cantik Yellow Tang Fish yang Menjadi Buruan Para Kolektor

Yellow Tang Fish atau Zebrasoma flavescens adalah jenis ikan hias air laut yang tergolong ke dalam family surgeonfish. Yellow Tang Fish sekarang ini sedang dicari oleh para penghobi ikan hias karena bisa beradaptasi dalam sebuah aquarium dan yang pasti punya penampakan yang sangat menarik, yaitu warna kuning yang sangat terang. 



Spesies ini kali pertama ditemukan pada tahun 1828 dan saat sudah dewasa ikan kuning ini bisa tumbuh sampai 20 cm atau 7,9 inci dengan ketebalan kira-kira 1 atau 2 centimeter (0,39-0,79). Ikan ini didominasi oleh rona kuning terang seperti namanya, namun saat malam, warnanya akan terlihat memudar. Hal ini ia lakukan karena adaptasi dari badannya supaya tidak terlihat oleh predator. Punya karakteristik yang berbeda dari kebanyakan ikan hias lainnya, yaitu ukuran si jantan lebih besar dibanding si betina.



Gambar Ikan Yellow tangs




Yellow Tang sangat pas kalian jadikan sebagai ikan hias air laut dan dipelihara dalam sebuah akuarium. Ikan jenis ini dapat dengan mudah ditemui di terumbu karang yang dangkal dengan kedalamannya sekitar 2 sampai 46 meter. Spesies Zebrasoma flavescens menyebar di wilayah samudra Pasifik dan juga samudra Hindia bagian barat Hawaii dan juga bagian timur Jepang. 



Baca Juga: Si Cantik Blue Tang Ikan Hias Laut yang Beken Karena Finding Nemo



Kalau di market ikan hias, Banyak yellow tang fish didatangkan dari Hawaii. Penampakan fisiknya yang unik si ikan yellow tang sekilas mirip seperti panah. Hal ini karena dorsal dan juga sirip ikan yellow tang seperti perpanjangan badan mereka, selain itu ikan ini punya mulut yang panjang layaknya sebuah tang, sehingga bisa ia pakai untuk berburu makanan di daerah terumbu karang. 



Makanan favoritnya adalah alga, namun enggak jarang juga si Zebrasoma flavescens memakan telur-telur ikan bahkan invertebrata yang ada di sekitarnya. Yellow Tang Fish sangat disukai oleh pengunjung tempat wisata seperti seaworld apalagi buat anak-anak karena bentuknya yang lucu serta warnanya yang terang, sehingga sering dijadikan sebagai model foto.



Baca Juga: Cara Pelihara paling Mudah dan Fakta Menarik dari Lion Fish



Karakteristik Yellow Tang Fish

Karakteristik Yellow Tang Fish



Ikan ini punya sifat semi agresif, yang berarti mereka terkadang dapat digabungkan dengan ikan yang berukuran lebih kecil seperti Chromis Damsels atau ikan nemo. Kalian saat ingin memeliharanya harus menyiapkan akuarium yang lumayan besar, karena akuarium besar bisa menghindari ikan ini dari stress, dan yang pasti membuat ia bisa berenang lebih leluasa.



Baca Juga: Ikan Mandarin Air Laut Si Cantik yang Berasal dari Terumbu Karang



Di Hawaii, bila ada orang yang ingin peliharanya harus punya izin sebelumnya. Itu karena ikan ini sangat penting untuk menjaga ekosistem laut, terutama terumbu karang. Nah untuk masalah harga yellow tang lumayan mahal, yaitu berkisar 900 ribu sampai 3 juta rupiah.



Makanan yang Cocok untuk Yellow Tang

 

Makanan  Yellow Tang

Di lingkungan aslinya, ikan ini suka memakan alga dan tanaman laut lainnya, bahkan di habitat liar biasanya ikan ini akan menjadi tukang pembersih cangkang kura-kura atau penyu, namun kalau yang sudah hidup dalam akuarium biasanya memakan ikan kecil. 



Baca Juga: 15 Jenis Angelfish Air Laut yang Bisa Kalian Pelihara di Rumah



Demikian tadi beberapa info mengenai Yellow Tang, Ikan Hias Air Laut yang sangat cantik. Semoga bisa jadi manfaat buat kalian, sebelum memutuskan untuk peliharanya! Terima kasih.



LihatTutupKomentar

Sponsor Mascota