-->

Sponsor Mascota

Cara Merawat Ikan Hias Air Laut yang Tepat untuk Pemula

Cara memelihara ikan hias air laut seperti ikan yellow watchman gobies, ikan nemo, dan blue devil memang membutuhkan perawatan lebih dibandingkan ikan air tawar. Apalagi untuk harga ikan hias air laut terbilang tidak murah, dari harga ikan perekornya sampai dengan peralatan yang di butuhkan. Kalau kamu sampai salah dalam merawat, bisa berakibat sangat fatal.


Susah dalam merawatnya berbanding dengan kecantikan yang seakan-akan melihat pemandangan bawah laut yang bisa dinikmati di rumah. Nah kalau kamu memang kepingin sekali punya akuarium air laut di rumahmu, yuk kita bahas secara mendalam cara memelihara ikan hias air laut buat pemula.



cara merawat ikan hias air laut



1. Selalu Menggecek Temperatur Air

Ikan hias air laut memang bisa dibilang sangat sensitif pada perubahan temperatur air. bagusnya temperatur air berada di 23 sampai dengan 28 derajat celcius.


2. Kondisi pH yang Tepat buat Ikan Hias Air Laut

PH atau level keasaman dalam akuarium juga kamu harus sering perhatikan. Mengukur tingkat keasaman air bisa memakai alat yang dapat kamu beli di toko ikan hias.


3. Level Keasinan Air

Ikan yang hidup di air asin membutuhkan air dengan level keasinan yang pas untuk bisa hidup dengan nyaman. Level keasinan ini dapat kamu ketahui dengan dibantu memakai alat ukur yang bernama hydrometer atau refraktometer.


4. Membersihkan akuarium Ikan Hias Air Laut

Membersihkan akuarium air laut juga enggak sembarangan. Yang pertama perlu kamu lakukan adalah keluarkan atau pindahkan hiasan atau apapun yang ada di dalam akuarium, misalnya seperti tumbuhan air serta koral.


Baca Juga: Si Cantik Yellow Tang Fish Yang Menjadi Buruan Para Kolektor


Lalu bersihkan koral serta tumbuhan dari lumut yang menempel. saat kamu membersihkan koral serta pernak pernik yang sudah di keluarkan, pasti yang ada di dasar akuarium juga kamu keluarkan juga. Ulangi terus sampai air sudah terlihat bening. Setelah selesai, jemur material penghias akuarium tersebut.


5. Kaca akuarium

Selain membersihkan isi akuarium, bagian kaca juga enggak kalah penting untuk di bersihkan juga. Bersihkan kaca akuarium bagian dalam serta luar memakai lap bersih.


Setelah semua sudah terlihat bersih, masukan lagi air akuarium yang baru. Sebenarnya kamu perlu mengganti air di akuarium bagusnya 2 minggu sekali. Namun, volume air yang harus di ganti bagusnya 20 persen saja. Hal itu berguna untuk mengurangi kandungan nitrat di air yang bisa mengganggu kesehatan ikan.


6. Bagian Sump

Sump merupakan wadah penampungan air setelah disaring dari kotoran ikan dan sisa makanan ikan. Tempat tersebut pun enggak jarang akan di tumbuhi lumut. Untuk itu, kamu perlu membersihkannya memakai alat scraper. Cukup gosok scraper pada sump dan pilih ukuran antara scraper dan sumo.


7. Ganti Filter Sock

Selain bagian sump, kamu jangan sampai lupa buat mengganti filter sock. Alat tersebut merupakan filter untuk menyaring kotoran dan sisa makanan ikan. Kamu disarankan untuk mengganti filter tersebut setiap 7 hari sekali, tergantung juga dari kotoran yang sudah tersaring.


 

Baca Juga: Cara Pelihara Paling Mudah Dan Fakta Menarik Dari Lion Fish



Penyebab Ikan Hias Air Laut Mati di Akuarium

Penyebab Ikan Hias Air Laut Mati



Nah untuk kamu yang masih baru berkecimpung ke hobi memelihara ikan hias air laut, pasti sering bertanya mengapa ikan peliharaan saya sering mati, padahal sudah mengkuti tips memeliharanya.


Berikut ini beberapa faktor penyebab ikan hias air laut sering mati, yang sudah mascota rangkum dari beberapa sumber:


1. Penangkapan menggunakan potas

ini sangat berbahaya karena bisa melukai organ dalam si ikan, jadi saat kamu lihat di toko ikan, ikannya kelihatan sehat, tetapi saat kamu membelinya dan di masukan ke dalam akuarium, tapi setelah beberapa lama ikan malah mati.


Ini di sebabkan karekan kandungan potasium sianida yang tinggi, dan ciri-cirinya adalah si ikan jadi buta, badan terlihat lemas, stress, fisik terlihat oke tetapi si ikan cuma diam saja di sudut.


Baca Juga: 15 Jenis Angelfish Air Laut yang Bisa Kalian Pelihara di Rumah


2. Salah penangkapan ikan

Laut Indonesia memang kaya, tetapi apa kamu tahu kalau sudah banyak sekali ikan-ikan yang punah yang tadinya banyak di perairan Indonesia? yang disebabkan penakapan ikan secara besar-besaran.


Padahal enggak semua ikan bisa di pelihara di akuarium. Karena cara mereka saat berburu mangsa terbatas, atau pola makan yang punya kebutuhan khusus.


3. Keterbatasan dana dan ilmu pengetahuan

Masih banyak para penghobi yang belum punya ilmu memadai serta banyak yang belum rela mengeluarkan uang banyak untuk membuat life support system di akuarium. Yang akhirnya membuat ikan menjadi tidak bisa berumur panjang.


Baca Juga: Fakta Menarik Firefish Goby Ikan Hias Air Laut dan Cara Merawatnya


4. Para penghobi banyak yang serakah

Karena ikan hias air laut warnanya lebih cantik dibanding air tawar, jadi mereka merasa harus memeliharannya dalam jumlah yang banyak. Dan mereka enggak paham mana jenis ikan yang bisa di satukan atau yang tidak. Ya ujung-ujungnya si ikan malah jadi stress dan gampang mati.


5. Banyak yang memelihara penyu

Padahal penyu itu satwa yang dilindungi Negara. Parahnya di toko banyak yang masih menjualnya. Kalau memang tertarik memelihara, lebih baik pelihara kura-kura.


Peralatan Aquarium Air Laut

Peralatan Aquarium Air Laut


Saat memutuskan memelihara ikan hias air laut, kamu harus menyediakan peralatan aquarium air laut khusus supaya ikan tetap sehat.


Memang sensasi memelihara ikan hias air laut terasa berbeda dengan pelihara ikan air tawar, begitu pun level kesulitannya. Memang mau pelihara ikan air laut atau tawar punya kesulitan masing-masing.


Baca Juga: Ikan Mandarin Air Laut Si Cantik yang Berasal dari Terumbu Karang


Dari segi kecantikannya juga tidak bisa dibandingkan, semua punya kelebihannya sendiri. Tetapi karena orang masih jarang yang memelihara ikan hias air laut, maka jadi terkesan unik dan jarang. Memang dari segi biota, laut punya jenis yang lebih kaya. Dan rata-rata, kita susah buat melihatnya langsung.


Seperti jenis-jenis ikan yang punya warna yang sangat beragam, aneka terumbu yang sedap dipandang mata, serta hewan lain yang punya penampakan fisik yang unik. Namun, buat menjalankan akuarium air laut enggak bisa di bilang gampang, kamu butuh pengetahuan lebih dan peralatan khusus.


Nah berikut ini adalah peralatan penting dimiliki dalam memelihara ikan hias air laut:

  • Aquarium
  • Lampu
  • Sistem Penyaringan atau Filtrasi
  • Pompa (Pump)
  • Mesin Aerator
  • Chiller atau Pendinggin
  • Water Heater
  • Protein Skimmer
  • Wave Maker
  • Test Kit
LihatTutupKomentar

Sponsor Mascota