-->

Sponsor Mascota

Ikan Hias Air Laut Apakah bisa Hidup di Air Tawar?

Masih banyak dari kalian yang masih bertanya-tanya tentang, apakah ikan hias air laut yang bisa hidup di air tawar dan sebaliknya? Jawabannya adalah tidak bisa. Logikanya, mereka memang sama-sama hidup di air. Lalu, mengapa mereka enggak bisa hidup waktu berada di air yang berbeda, ya?


Biarpun spesies-nya sama yaitu ikan, tapi ternyata ikan air laut dan ikan air tawar punya perbedaan, khususnya dalam hal mekanisme sel yang ada di dalam badannya. Nah, mekanisme ini membikin ikan-ikan ini mati kalau ditaruh di air yang enggak sesuai dengan habitatnya.


Jadi gini, lho, yang dimaksud dengan mekanisme sel ini adalah proses osmosis. Proses ini memproduksi cairan lewat dinding-dinding sel mahkluk hidup. Proses ini sangat berguna dalam mengelola kadar air di dalam badan ikan supaya seimbang. Nah, mekanisme proses osmosis ikan air tawar dan ikan air laut ternyata sangat bertolak belakang!



Ikan Hias Air Laut Apakah bisa Hidup di Air Tawar?



Kalian masih bingung? jadi penjelasan singkatnya begini, Air laut ternyata punya karakteristik hipertonik buat makhluk-makhluk yang hidup di dalamnya. Maksudnya, kandungan garam di dalam air laut jauh lebih tinggi bila dibandingkan dengan kandungan garam yang ada di dalam badan ikan. Supaya bisa hidup di dalam air laut dengan keadaan lingkungan seperti ini, ikan akan memasukan air laut terus menerus supaya mencegah hilangnya kadar cairan di dalam badannya karena proses osmosis.


Sebaliknya, air tawar punya karakteristik hipotonik buat para ikan. Kalau yang ini, penjelasannya adalah kadar garam di air tawar malah lebih rendah dari yang ada di dalam badan ikan. Proses osmosis di dalam badan si ikan membikinnya terus menerus kencing demi menjaga kandungan air di dalam sel badannya.


Baca Juga: Harga Ikan Hias Air Laut dan Cara Perawatan untuk Pemula


Jadi, ikan air laut yang bisa hidup di air tawar? jawabannya begini, kalau ikan air laut kamu masukan ke dalam air tawar, mereka akan terus minum sampai badannya bengkak dan akhirnya mati. Sebaliknya kalau ikan air tawar kamu masukan ke dalam air laut maka proses osmosis dalam badannya akan terus mengeluarkan kecing, yang akhirnya membikin badannya kehilangan banyak cairan sehingga ikan pun dehidrasi dan mati.


Jadi, sebelum kalian memelihara ikan hias harus paham dulu ya. Ingat, ikan air laut tidak bisa hidup di air tawar dan sebaliknya, ikan air tawar tidak bisa bertahan hidup di air laut.


Jenis Ikan Hias Air Laut Termahal

Jenis ikan air laut memang sangat banyak dan beragam. Ada yang spesiesnya banyak dan gampang didapat, makanya harganya tidak begitu mahal. Tapi sebagian spesies ada yang sangat langka dan sangat susah didapat. Karena alasan itulah harganya sangat melambung tinggi, bisa sampai puluhan juta bahkan miliyaran rupiah!.


Baca Juga: Cara Merawat Ikan Hias Air Laut yang Tepat untuk Pemula


Buat orang yang tidak paham mungkin harga ini enggak masuk akal. Tapi buat para pecinta ikan air laut, pasti sudah sangat paham kenapa harga bisa sangat mahal. Jadi apa saja jenis ikan hias air laut yang paling mahal di dunia? berikut ini list nama ikan serta harganya.


  • Candy Basslet (mulai dari 14 jutaan)
  • Clarion Anglefish (harga dari 30 jutaan)
  • Wrought Iron Butterflyfish (harga dari 32 jutaan)
  • Australian Flathead Perch (harga dari 67 jutaan)
  • Neptune Grouper (harga dari 80 jutaan)
  • Golden Basslet (harga dari 110 juta)
  • Bladefin Basslet (harga dari 135 jutaan)
  • Masked Angelfish (harga dari 400 jutaan)
  • Peppermint Angelfish (harga dari 400 jutaan)
  • Polkadot Stingray (harga dari 1 miliar)

Contoh Ikan Hias Air Laut yang Bisa Kamu Pelihara di Rumah

Ikan air laut memang punya penampakan fisik yang sangat indah, baik dilihat dari warna atau bentuknya. Ada ikan air laut punya warna beragam, jadi sangat enak buat dipandang. Ada juga ikan air laut yang punya bentuk badan yang unik.


Kebanyakan para penghobi lebih memilih ikan air laut yang berukuran kecil, karena lebih gampang untuk urusan perawatannya.


Nahh berikut ini beberapa jenis ikan hias air laut yang bisa kalian pelihara di rumah.


1. Botana Blue Tang

Jenis ikan air laut ini punya nama latin Paracanthurus Hepatus, dan di Indonesia lebih beken dengan panggilan botana blue tang. Karakter dari si botana blue tang adalah ronanya yang didominasi biru dengan tambahan warna hitam serta abu-abu.


Baca Juga: Fakta Menarik Firefish Goby Ikan Hias Air Laut dan Cara Merawatnya


2. Yellow Tang

Ikan air laut yellow tang bisa dibilang merupakan satu keluarga dengan botana blue tang. Penampakan fisik serta karakternya agak mirip, hanya warna yang jadi pembeda dari ikan hias tersebut.


3. Ikan Hias Air Laut Butterfly Fish

Persis dengan panggilannya, ikan air laut  butterfly fish punya pattern bergaris dan warna yang cantik seperti kupu-kupu. punya bentuk badan yang pipih, mulutnya panjang ke depan, sehingga sangat pas kamu pelihara dalam akuarium di rumah.


4. Ikan Blue Devil

Ikan air laut blue devil punya panggilan ilmiah yaitu Paraplesiops Bleekeri. ikan air laut yang satu ini lumayan beken di para pecinta ikan hias. Penampakan fisiknya sangat unik, agak ramping dan enggak terlalu besar, sehingga sangat pas kamu pelihara dalam akuarium yang sedang. Corak kebiruan dengan totol putih dari blue devil dapat memuat kamu rileks saat melihatnya.


5. Ikan Hias Air Laut Angelfish

Jenis ikan angelfish enggak cuma yang hidup di air tawar saja. Ada juga nama angelfish yang hidup di air laut. Jenis ikan air laut ini punya warna di bagian muka yang lebih terang dibanding badannya.


6. Watchman Gobies

Jenis ikan air laut watchman gobies sangat cocok buat kamu yang masih baru. Ikan air laut dengan nama latin Cryptocentrus ini sangat populer sebagai ikan hias air laut yang punya daya tahan tubuh yang kuat, sehingga gampang dipelihara dan enggak gampang mati.


Baca Juga: Ikan Mandarin Air Laut Si Cantik yang Berasal dari Terumbu Karang


7. Ikan Nemo Air Laut

Nah sebenarnya nama asli ikan ini adalah clownfish, tetapi malah lebih populer dengan panggilan nemo. Kenapa begitu? Karena ikan air laut ini merupakan karakter utama dalam film animasi buatan disney.


8. Ikan Hias Air Laut Banggai

Persis dengan panggilannya, ikan hias air laut banggai berasal dari Indonesia. Ikan banggai termasuk ikan hias yang cukup populer, dan merupakan ikan yang terancam punah di habitatnya. Yang disebabkan karena penangkapan ikan besar-besaran.


9. Ikan Kakatua Laut

Jenis ikan hias air laut berikutnya adalah ikan kakatua. Punya nama yang sama dengan burung kakaktua karena bentuk mulutnya yang terlihat mirip. Nafsu makan ikan kakaktua ini juga sangat besar, kalau kamu tertarik memeliharanya kamu harus menyediakan makanannya ya.


10. Lion Fish

Ikan hias lion fish punya nama ilmiah yaitu pterios. Punya bentuk yang agak menyeramkan karena pada bagian tubuhnya mempunyai duri yang sangat beracun.


11. Ikan Hias Air Laut Dottyback

Dottyback habitat aslinya berada di perairan subtropis dan tropis. Ikan hias air laut dottyback atau yang punya nama ilmiah Pesusochromidae senang berada di terumbu karang yang indah dan melimpah. Laut Indonesia merupakan salah satu habitat aslinya. Jadi kamu dapat dengan mudah menemukannya di Indonesia.

 

 

LihatTutupKomentar

Sponsor Mascota