-->

Sponsor Mascota

7 Fakta Menarik Hiu Putih Besar yang sangat Menakjubkan

 Dalam film Jaws terinspirasi oleh hiu putih besar di New Jersey, ikan legendaris ini sebenarnya tidak terlalu menakutkan. Ketika penelitian ilmiah tentang predator yang sulit ditangkap ini meningkat, citra mereka sebagai mesin pembunuh yang tidak punya pikiran mulai memudar.


Ditemukan di perairan pantai yang sejuk di seluruh dunia, great white shark adalah ikan predator terbesar di Bumi. Mereka tumbuh rata-rata 15 kaki panjangnya, meskipun spesimen melebihi 20 kaki dan beratnya mencapai 5.000 pon telah dicatat.


fakta hiu putih besar


Mereka memiliki tubuh bagian atas berwarna abu-abu untuk berbaur dengan dasar laut pantai yang berbatu, tetapi mereka mendapatkan nama mereka dari perut putih mereka. Mereka ramping, perenang berbentuk torpedo dengan ekor kuat yang dapat mendorong mereka melalui air dengan kecepatan hingga 15 mil per jam. Mereka bahkan dapat meninggalkan air sepenuhnya, menerobos seperti ikan paus ketika menyerang mangsa dari bawah.


Baca Juga: Cara Pelihara paling Mudah dan Fakta Menarik dari Lion Fish


Yuk kita cari tahu lebih dalam mengenai hiu putih besar predator air laut yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.

1. Hiu Putih Besar Punya Deretan Gigi Tajam

Selain ukuran, yang membuat tampilan great white shark keliatan menyeramkan tentu saja gigitannya. Tidak pakai main, hiu ini memiliki deratan 300 gigi di dalam mulutnya! Gigi-gigi tersebut berbentuk seperti segitiga lancip yang tajam dan bergerigi, maka sangat bisa untuk menghancurkan tubuh mangsanya.


Hiu putih besar secara bertahap akan kehilangan giginya sepanjang hidup. Namun itu nggak jadi persoalan buat mereka, karena setiap kali satu giginya tanggal, gigi lain dari di bagian belakangnya akan maju menggantikannya, dan begitu seterusnya. Maka mereka akan selalu siap memakai giginya kapanpun untuk menyerang mangsa.


2. Mereka Termasuk Hewan Sosial

Fakta yang satu ini mungkin terdengar mencengangkan. Ya, biarpun mengerikan, tapi faktanya great white shark termasuk makhluk sosial. Mereka tinggal dan bepergian dalam kelompok. waktu berkonfrontasi satu sama lain, mereka bahkan tidak akan saling menggigit, karena satu gigitan saja bisa menyebabkan sesama spesiesnya itu cacat permanen.


3. Hiu Putih Besar Termasuk ikan predator Paling Besar

Salah satu bagian paling menarik dari great white shark merupakan ukuran badannya. Menurut national geographic mereka ikan predator air laut paling besar yang pernah ditemui, mengacu pada badannya yang panjang, yang bisa menyentuh angka 6,1 meter dan berat 2,2 ton. Bahkan anaknya yang baru lahir saja bisa mencapai ukuran 2,5 meter!


Baca Juga: Fakta Menarik Belut Moray Si Predator Air Laut


Hiu putih besar memang bukan jenis hiu yang paling besar. Ukuran mereka kalau dibandingkan dengan hiu paus atau hiu raksasa akan kalah. Namun kedua jenis hiu tersebut pemakan plankton dan tidak tidak memiliki deretan gigi yang tajam. Maka jelas, great white shark bisa disebut sebagai ikan predator paling besar serta yang paling menyeramkan.


4. Dapat Mengetahui Posisi Mangsa dengan Akurat

Kamu kemungkinan pernah mendengar, kalau hiu dapat mencium bau darah dari jarak yang jauh. Apakah itu fakta? Ya. Menurut Live Science ternyata great white shark dapat mendeteksi setetes darah dalam 100 liter air dan dapat mencium sedikit darah dari jarak 5 kilometer!


Tapi kemampuan hebat mereka dalam mengetahui posisi mangsa tidak cuma itu saja. Hiu putih besar juga memiliki kemampuan elektroresepsi, yaitu kemampuan menangkap tegangan listrik yang berasal dari gerakan di dalam air. Menurut phys.org, great white shark mampu mengindra satu per sejuta volt tegangan di air.


Kemampuan hebat itu mereka manfaatkan buat mendeteksi keberadaan mangsanya lewat gerakannya. Termasuk juga mangsanya yang bersembunyi di bawah pasir yang ada di dasar laut. Itu berarti, tidak ada tempat yang aman dari endusan hiu putih besar!


5. Mereka Sangat Takut dengan Keberadaan Manusia

Fakta sebenarnya, hiu putih besar punya banyak sekali alasan untuk takut pada manusia dibanding sebaliknya. Hiu sering ditangkap untuk diambil siripnya, yang sering dibuat jadi sajian di restoran mahal. Sesudah ditangkap dan diambil siripnya, nelayan banyak yang melepaskan hiu tersebut kembali ke laut.


Baca Juga: Jenis Ikan Datnoid yang Sangat Seksi buat Dipelihara di Rumah


Tetapi bukan berarti mereka akan tetap bisa bertahan di laut. Hiu putih besar harus bisa terus berenang agar dapat bernapas. Tanpa organ siripnya tersebut, pelan-pelan mereka akan mati karena tidak dapat berenang lagi. Kekejaman yang seperti itu membuat julukan predator buas sebenarnya lebih pas disandang para manusia pemakan sirip hiu, bukan pada hiu itu sendiri.


6. Seberapa berbahaya mereka?

Melihat badannya, deretan gigi, serta kemampuannya mendeteksi mangsa, semua orang pasti setuju kalau hiu putih besar termasuk ikan yang sangat berbahaya. Tapi apakah mereka memang suka memburu manusia dengan ganas seperti dalam film holywood?


Jawabannya tidak. Kasus great white shark menyerang manusia cuma terjadi sekitar 30 sampai 50 kasus per tahun di seluruh dunia, dan rata-rata tidak sampai fatal. Menurut natgeo, gigitan hiu putih besar bukan bertujuan berburu, tapi hanya "gigitan sampel".


Setelah menggigit, great white shark biasanya akan melepaskan gigitannya. Itu bukti kalau manusia bukan makanannya. Hiu sangat suka dengan bau ikan dan anjing laut, tapi tidak kepada bau manusia. Tapi tentu saja, kamu sangat tidak disarankan berenang di wilayah yang diketahui banyak terdapat hiu putih besar.


7. Populasi Hiu Putih Besar dan Konservasi

Tidak ada data populasi yang dapat diandalkan untuk great white shark, tetapi para ilmuwan setuju bahwa jumlah mereka menurun drastis. Penangkapan ikan yang berlebihan dan tertangkap secara tidak sengaja di jaring ikan adalah dua ancaman terbesar mereka. Spesies ini diklasifikasikan sebagai rentan—satu langkah lagi dari terancam punah—oleh Persatuan Internasional untuk Konservasi Alam.


Baca Juga: Fakta Unik dan Info Menyeramkan Ikan Candiru Si Predator Air


Itulah beberapa fakta menarik mengenai hiu putih besar. Meski terlihat menyeramkan, mereka punya tugas penting dalam menjaga kesetimbangan ekosistem laut. Maka kita dapat ikut mengambil peran dalam melestarikan mereka dengan cara tidak membeli produk apapun yang diambil dari hiu. Semoga hewan yang keren ini tidak sampai punah ya!

LihatTutupKomentar

Sponsor Mascota