-->

Sponsor Mascota

12 Jenis Ikan Hias Kecil Paling Cantik yang Bisa Dipelihara buat Pemula

Buat kalian yang agak masih ragu dan bingung memilih ikan hias kecil air tawar apa yang pas untuk dipelihara di rumah, Yuk ikuti artikel mascota kali ini. Dijamin, aquarium yang ada di rumah jadi kelihatan lebih cantik, deh!


Biasanya, yang baru memulai atau para pemula akan tertarik memelihara ikan hias kecil yang punya penampakan memesona. Alasannya, ikan hias air tawar ini akan lebih gampang dipelihara dan enggak begitu susah peliharanya.


ikan hias kecil beragam


Selain itu, buat masalah biaya dalam merawatnya pun bisa di bilang enggak mahal dibanding memelihara ikan hias ukuran besar atau apa lagi ikan hias predator. Di dalam negeri, ada beragam varietas ikan kecil yang cantik dan populer.


Mereka pun sangat gampang diperoleh dan umum dijual dengan harga yang bisa dibilang murah. Berikut ini merupakan beberapa jenis ikan hias kecil yang bisa kalian pelihara di rumah!


12 Jenis Ikan Hias Kecil Air Tawar Tercantik

1. Ikan Hias Kecil Bergelombol: Guppy

ikan hias kecil bergerombol guppy


Ikan hias kecil yang awalnya berasal dari Amerika Selatan ini punya ukuran badan sebesar 2 sampai 3,5 centimeter saja.


Baca Juga: 12 Jenis Ikan Ekor Pedang dan Cara Perawatannya Cocok Untuk Pemula


Kalau dilihat sebentar, ikan guppy percis dengan ikan cupang, ya? Padahal, keduanya punya karakter yang sangat berbeda, lo.


Faktanya, ikan guppy mempunyai tempramen yang enggak begitu agresif dan sangat pas dipelihara berbarengan dengan ikan hias kecil lain di dalam satu tempat atau akuarium.


2. Ikan Hias Kecil Tanpa Oksigen: Cupang

ikan hias kecil tanpa oksigen Cupang


Ikan cupang adalah ikan hias air tawar yang cukup beken di Indonesia, apa lagi sekarang banyak artis yang sedang peliharanya. Karena punya beragam warna serta ekornya panjang menjuntai cantik.


Ikan ini faktanya sudah dibudidaya dari tahun 1970 dan umum dijadikan sebagai ikan aduan. Ikan cupang punya karakter yang cukup agresif dan lebih senang menyerang saat bertarung.


Baca Juga: Ikan Black Ghost Hewan Peliharaan yang Dapat Mengeluarkan Listrik !


Dengan tempramennya ini, jangan heran kalau cupang punya umur yang panjang kalau disandingkan dengan ikan hias kecil lainnya. Ngerawatnya pun bisa dibilang gampang, karena ikan cupang enggak membutuhkan wadah yang besar.


Pakan ikan cupang pun bisa didapatkan dengan mudah, kok. Kalian bisa memberikan cacing dara, jentik nyamuk, dan lainnya.


3. Ikan Hias Kecil Aquascape: Bandit

Ikan Hias Kecil Aquascape


Ikan bandit adalah salah satu varietas ikan corydoras yang punya penampakan berwarna putih pucat dengan tambahan warna merah muda.


Selain itu, ada tambahan sedikit warna hitam pada mata dan ekornya. Ikan hias kecil ini mempunyai karakter yang kalem.


Dengan demikian, ia bisa dipelihara berbarengan dengan ikan lainnya dalam satu tempat.


4. Ikan Hias Air Tawar Langka: Discus

Ikan Discus


Ikan discus terbilang sangat beken buat kalangan pecinta ikan hias, karena mempunyai pattern warna yang sangat cantik dan bentuk yang lucu.


Baca Juga: 14 Jenis Dan Cara Merawat Ikan Oscar Yang Garang Tetapi Menawan


Ikan yang punya nama latin Symphysodon ini merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang berakar dari perairan Amazon, Brazil.


Sampai sekarang ini, budidaya ikan diskus masih sangat jarang. Makanya discus termasuk ikan hias air tawar langka.


Ia dikenal enggak suka menyerang dan senang menyendiri dari kelompok ikan lainnya. Dengan begini, ikan omnivora ini makin dicari serta diminati oleh penghobi ikan hias untuk dipelihara.


5. Ikan Corydoras

ikan corydoras



Ikan yang awalnya berasal dari wilayah Amerika Selatan ini punya sifat yang pendiam dan dapat hidup berbarengan dengan berbagai ikan hias lainnya.


Untuk masalah perawatannya pun bisa dibilang enggak pakai ribet, karena kalian tidak perlu memberikan pakan secara rutin. Mereka bisa memakan lumut, alga, dan sisa-sisa makanan dari ikan lain yang jatuh ke dasar akuarium.



6. Ikan Kecil Warna-Warni: Molly

Ikan kecil warna warni molly


Ikan molly biasa dipanggil juga oleh para penggemarnya sebagai ikan balon karena ia punya perut buncit dan tubuh yang membulat.


Baca Juga: 7 Jenis Ikan Hias Lemon Terpopuler dan Cara Merawat Untuk Pemula


Ikan hias kecil ini sangat pas dipelihara di aquarium karena memiliki karakter yang adaptif dan dapat berteman dengan ikan lainnya.


7. Ikan Mas Koki Wakin

Ikan mas koki wakin


Ikan mas koki bisa kita bilang sebagai ikan hias yang populer di kalangan penghobi sejak dahulu.


Bagaimana enggak? Ia punya penampakan dengan perut yang buncit dan rona yang terang, sehingga bisa menarik perhatian banyak orang.


8. Ikan Hias Merah Kecil: Platy

ikan hias merah kecil platy




Persis dengan ikan bandit yang sudah kita bahas tadi, ia punya karakter yang pendiam dan dapat dengan mudah beradaptasi dengan berbagai jenis ikan lainnya.


Ikan hias kecil ini sangat beken buat penghobi ikan hias karena punya rona badan yang indah dan nyentrik.


Kalau kalian bisa merawatnya dengan tepat, ikan ini akan hidup selama 3 sampai 4 tahun, loh!



9. Ikan Air Tawar Mungil: Zebra

Ikan Air Tawar Mungil


Ikan zebra yang punya panggilan asli Danios Zebra termasuk jenis ikan yang nyentrik karena punya kulit persis dengan zebra dan panjangnya sekitar 7 centimeter.


Ikan ini hidup dengan habitat kelompok yang banyak, sehingga kalian disarankan untuk pelihara ikan zebra paling sedikit 6 ekor.


Hal ini dilakukan untuk mengurangi stress pada ikan yang bisa membuat dirinya mati. Ikan zebra juga ternyata bisa melompat loh, jadi kalian disarankan memasang tutup pada permukaan akuarium supaya ikan zebra ini keluar dari aquarium.



10. Ikan Hias Komet

ikan hias komet


Penampakan ikan komet memang bisa dibilang percis dengan ikan mas koki. Ikan dengan panggilan latin Carassius auratus ini mempunyai daya tahan yang baik dan enggak punya perawatan yang pakai ribet.


Baca Juga: 8 Jenis Bala Shark Terpopuler Paling di Cari Penghobi Ikan Hias


Ikan komet bisa dibilang sebagai ikan favorit buat para penghobi ikan hias yang sudah lama. Karena, perpaduan warna yang dipunyainya sangat banyak yang bisa membikin siapa saja terpesona melihatnya.


11. Ikan Manfish Air Tawar

ikan manfish


Ikan manfish termasuk ikan hias air tawar yang mempunyai penampakan elegan. Ikan ini berbentuk gepeng atau pipih dengan sirip panjang yang memukau.


Karakter dari ikan ini adalah pergerakannya yang kalem, sehingga memberikan rasa tenang saat kita melihatnya.


12. Ikan Hias Kecil: Tetra

ikan hias kecil tetra


Ikan tetra bisa dibilang punya varietas yang banyak, misalnya neon tetra, lemon tetra, x-ray tetra dan masih banyak lagi.


Mereka mereka punya badan yang terlihat transparan yang berguna untuk berlindung dari serangan predator.


Selain itu, semua jenis ikan tetra bisa dengan gampang beradaptasi, sehingga sangat pas untuk di pelihara berbarengan dengan ikan kecil lain dalam satu akuarium dan biasanya juga di pelihara dalam aquascape.

 

LihatTutupKomentar

Sponsor Mascota