-->

Sponsor Mascota

Ikan Damselfish Si Cantik Namun Terkenal Agresif

 Damselfish, juga disebut demoiselle, yang tergolong ke dalam 250 spesies kecil, dan masuk ke jenis ikan hias laut tropis dari keluarga Pomacentridae (ordo Perciformes) yang ditemukan di lautan Atlantik dan Indo-Pasifik.


Ciri damselfishes bertubuh dalam dan umumnya punya ekor bercabang. Mereka mirip jenis ikan cichlid yang punya lubang hidung tunggal di setiap sisi kepala dan memiliki garis lateral yang terputus. Ikan Damselfish memiliki dua duri anal. Rata-rata punya warna cerah, seperti warna merah, oranye, kuning, atau biru. Dan panjang maksimalnya berada di 15 centimeter.


Damselfish termasuk ikan yang gesit, dan bersifat sangat teritorial serta agresif. Mereka termasuk ikan yang senang memakan tumbuhan dan hewan kecil yang berada di dalam laut. Kebanyakan ikan damselfish hidup di sepanjang terumbu, tetapi spesies tertentu, ikan anemon, terkenal karena hidup di antara tentakel anemon laut yang menyengat.


Baca Juga: Mengenal Ikan Chalk Bass yang Ramah Buat Para Pemula


Anggota famili yang lebih terkenal termasuk spesies Pomacentrus berwarna cerah, damselfish (Dascyllus aruanus) hitam-putih, atau tiga-garis, dari Indo-Pasifik; garibaldi (Hypsypops rubicundus), ikan California berwarna oranye terang dengan panjang sekitar 30 cm; beau gregory (Eupomacentrus leucostictus), spesies Atlantik biru-kuning; dan sersan mayor (Abudefduf saxatilis), ikan bergaris hitam, kebiruan, dan kuning di Atlantik tropis.


Penampakan Fisik dari Damselfish

Sudah kita jelaskan di atas kalau terdapat 250 spesies dalam keluarga Pomacentridae. Jadi seperti yang bisa kamu bayangkan, tampilan fisik mereka bisa sangat beragam di banding satu dengan yang lainnya.


Namun, sebagai gambaran umum, ikan ini punya badan yang keliahatan agak melonjong dengan ekor bercabang percis seperti cichlids.


Mereka dilengkapi dua duri belakang dan biasnya punya satu lubang hidung di setiap sisi kepala mereka.


Salah satu tampilan Damselfish yang paling populer adalah warnanya yang cerah, mulai dari merah, kuning hingga biru.


Sangat penting buat kamu ingat ikan damsel sangat berwarna waktu masih berumur remaja dan warnanya akan memudar seiring bertambahnya umur beberapa bahkan dapat berubah menjadi coklat keseluruhan saat dewasa.


Jadi, kamu harus teliti sebelum akhirnya membelinya.


Jenis Damselfish yang Populer di Dunia


Blue Damselfish

blue damselfish


Jenis yang paling beken di dunia adalah Blue Damselfish (Chrysiptera cyanea).


Baca Juga: Harga Ikan Hias Air Laut dan Cara Perawatan untuk Pemula


Panjang tubuhnya bisa sampai 3 inci dan punya warna biru yang terang. Si jantan mempunyai warna kuning pada ekor serta mulutnya. Sedangkan si betina tidak memiliki warna kuning di mulut serta ekornya.


Yang membuatnya menjadi menarik, saat mereka terancam, Blue Damselfish dapat dengan cepat merubah warna tubuhnya menjadi hitam pekat.


Yellowtail

Yellowtail Damselfish


Jenis lain yang enggak kalah terkenal adalah Yellowtail atau dalam bahasa latin Chrysiptera parasema.


Percis seperti sodaranya Blue Damselfish, ia didominasi warna biru, namun, ikan yellow tail punya sirip ekor warna kuning yang terlihat sangat anggun. Panjangnya badannya bisa mencapai 3 inci dan para penghobi sangat suka dengan yellowtail karena punya sifat yang tidak agresif.


Domino

Domino Damselfish


Domino Damselfish, juga beken sebagai tiga bintik atau Dascyllus trimaculatus, diberi nama seperti itu karena terdapat totol putih di badannya.


Panjang badannya bisa mencapai 5 inci, tapi kamu harus lebih waspada karena ikan ini termasuk sangat agresif dan harus lebih dijaga ekstra.


Baca Juga: Ikan Hias Air Laut Apakah bisa Hidup di Air Tawar?


Azure

Azure Damselfish


Azure Damselfish (Chrysiptera hemicyanea) beken dengan panggilan Damselfish Half-blue. Ia punya warna bagian tubuh atas biru terang dan tubuh bawah berwarna kuning yang mencolok.


Jenis Damsel tergolong punya fisik yang kuat dan bisa tumbuh sampai 3 inci.


Bicolor

Bicolor Damselfish


Pada separuh badan bagian depan punya warna abu-abu tua / hitam dengan bagian belakang berwarna pucat. Dan tubuh badannya bisa mencapai 4 inci dan terlihat kuat.


Aquascape buat si Ikan Damsel

Seperti yang mascota sudah jelaskan sedikit di atas, kalau rata-rata Damselfish tinggal di terumbu karang tropis, jadi kamu perlu mengatur akuarium supaya mirip dengan habitat aslinya.


Dan kebanyakan dari Damselfish punya panjang di angka 2-3 inci, sehingga bisa dipelihara dalam sebuah akuarium dengan ukuran kecil sampai sedang.


Misalnya, kamu bisa memilih ikan Blue Damselfish dipelihara dalam sebuah akuarium dengan ukuran 30 galon.


Dan kalau kamu kepingin memelihara lebih dari 1 ikan, maka kamu bisa memilih akuarium dengan ukuran 50 galon, dan kalau kamu memelihara 4 ekor atau lebih, kamu bisa memilih akuarium dengan ukuran 100 galon.


Akan tetapi ada varietas Damselfish lainnya yang bisa bertumbuh sampai 12 inci sehingga kamu membutuhkan akuarium dengan ukuran 100 galon.


Pastikan kamu harus mencari info dahulu ikan damsel apa yang akan kamu pelihara.
Menaruh mereka dalam akuarium dengan ukuran yang tidak pas bisa membuat mereka tidak bertahan hidup.


Air yang Baik buat Ikan Damsel

Untungnya, Damselfish terkenal dengan fisiknya yang kuat dan bisa beradaptasi dengan berbagai kondisi.


Baca Juga: Ikan Kakatua Si Penjaga Kelestarian Terumbu Karang Laut


Misalnya seperti jenis Blue Damselfish, temperatur air yang disarankan 22 C sampai 27 C.
Level pH harus berada di 8,1 sampai 8,4, dengan berat jenis 1,020-1,025.


Membuat Akuarium yang Tepat

Bila tidak ada ruang yang cukup, mereka bisa semakin agresif dan sifat teritorialnya akan lebih keluar.


Karena Damselfish senang sekali menjelajah, pastikan kamu sediakan banyak ruang buat mereka berenang dan jangan lupa sediakan bebatuan buat mereka jadikan tempat bersembunyi.


Semakin banyak Damselfish yang kamu pelihara dalam aquarium, kamu juga harus sediakan banyak tempat buat mereka bersembunyi. Ini sangat berguna buat mengurangi sifat agresif mereka.


Makanan Kesukaan Damselfish

Nah damselfish termasuk ikan hias air laut yang enggak suka pilih-pilih makanan dan akan menyantap apa saja yang masuk ke dalam akuarium.


Sebagian besar dari mereka merupkan omnivora. Mereka bisa menyantap tumbuhan dan daging, dan pakan berupa serpihan.


Tapi ada juga spesies dari damselfish yang herbivora, jadi kamu harus benar-benar mencari tahu dahulu sebelum memeliharanya.


Baca Juga: Cara Merawat Ikan Hias Air Laut yang Tepat untuk Pemula


Blue Damselfish merupakan jenis omnivora, jadi kamu harus memberikan makanan berupa daging atau bisa berupa pakan beku seperti udang air asin, cacing, cumi-cumi, udang, copepoda, dan ikan yang sudah dipotong kecil-kecil.


Merekan juga senang dengan pakan yang dipipihkan dan makanan yang berasal dari tumbuhan yang sudah diolah.


Kamu juga sudah paham kalau damsel semakin besar, mereka juga butuh area yang lebih besar pula. Arus air juga punya peran tersendiri buat Damselfish mencari makan.


Dengan arus air yang lambat, mereka akan mencari makanan ke permukaan, sedangkan dengan arus yang deras akan membuat mereka mencari pakan ke dasar.


Karakter atau Sifat dari Damselfish

Kalau kamu sebelumnya sudah dengar info ikan damsel sebelum membaca artikel ini, kemungkinan besar kamu akan diberitahu kalau mereka termasuk ikan yang agresif. Beberapa Damselfish tidak ragu-ragu menyerang tangan yang masuk ke dalam akuarium.


Kamu juga pasti mendengar kalau damsel tidak ragu-ragu mengganggu ikan lain yang terliat lebih jinak. Sayangnya, fakta tersebut memang benar adanya.


Biarpun Damselfish punya tubuh kecil, mereka punya sifat teritorial dan dikenal ingin menguasai daerah akuarium ukuran besar buat diri mereka sendiri. Kalau di akuarium dengan ukuran lebih kecil, mereka akan mengklaim semuanya.


Bila mereka sudah seperti itu, mereka akan sangat keras kepala untuk terus bertahan. Mereka akan tidak segan-segan menyerang ikan yang enggak bisa melawan. Kamu harus sering melihat keadaan akuarium.


Ikan yang menjadi korban akan menjadi stres dan akan mudah terserang penyakit dan akan tidak nafsu makan. Waktu mereka tidak patroli yang dianggap daerahnya, kamu akan lihat mereka pasti sedang makan!


Tankmate buat Damselfish

Nah sekarang kamu judah yakin kalau si damselfish merupakan ikan yang sangat agresif.


Sebagai aturan umum, Kamu tidak boleh memelihara spesies Damselfish yang berbeda di dalam satu akuarium yang sama. Dalam satu akuarium sangat disarankan cuma ada 1 spesies ikan damsel.


Apalagi jika kamu cuma punya akuarium kecil, sangat tidak disarankan kamu mencampur spesies lain dengan Damselsfish. Kamu bisa melakukannya bila kamu mempunyai akuarium yang besar.


Di akuarium yang ukurannya besar kamu bisa pelihara ikan semi-agresif lainnya dengan sebagian besar jenis Damselfish, misalnya:



Jika memang kamu kepingin memelihara Damselfish dengan spesies lain, kamu harus mengenalkannya satu sama lain dengan benar.


Sangat direkomendasikan kamu untuk memasukan mereka ke dalam akuarium dengan urutan paling terakhir. Dengan cara ini, ikan semi-agresif lainnya yang sudah masuk duluan akan sudah mengklaim wilayahnya dan ini akan mencegah mereka menguasai seluruh wilayah akuarium.


Terakhir, ada orang yang menggabungkan mereka dengan hewan invertebrata, ini sangat beresiko buat hewan invertebrata kamu.


Jadi, Apakah Damselfish Tepat Buat Kamu Pelihara di Rumah?

Apakah kamu kepingin menambahkan warna yang terang ke akuarium? Jika ya, Damselfish mungkin ikan yang kamu cari.


Ukurannya, karakternya yang kuat, dan ketersediaannya yang tinggi, semuanya menjadikannya opsi yang pas buat para penghobi ikan hias air laut.


Sifatnya yang kuat membuat mereka menjadi terkenal di kalangan pemula karena lebih tahan terhadap kesalahan umum yang biasa terjadi oleh yang masih pemula seperti siklus nitrogen yang terhenti.


Seperti yang sudah dijelaskan, terdapat 250 spesies Damselfish jadi kita tidak bisa merangkum semuanya dalam artikel ini. Kami berharap kamu bisa menemukan ikan yang dicari!


 

LihatTutupKomentar

Sponsor Mascota