-->

Sponsor Mascota

Hatchetfish Ikan hias Air Tawar Langka yang Dapat Terbang!

 Ikan hias air tawar satu ini bisa dibilang langka, punya nama yang sangat unik yaitu hatchetfish atau para penghobi disebut ikan kapak.


hatchetfish banyak di pilih untuk dipelihara dalam akuarium. Mereka sangat cocok dalam bentuk akuarium apapun, ikan hias air tawar langka ini bisa kalian pelihara dalam akuarium komunitas, aquascape, spesies dengan penampakan fisik sangat indah atau kalian bisa juga memeliharanya dalam akuarium biotope - dan mereka sangat cocok juga dalam paludarium.


Hatchetfish Ikan hias Air Tawar Langka



Di dunia terdapat 9 species dari hatchetfish, ada tiga genera dalam kolektif ikan hatchet, dan biasanya di market masih banyak yang memberikan nama yang salah. dibedakan dalam 3 genus Gasteropelecus, dua lagi buat Thoracocharax, dan empat buat genus Carnegiella. Genus yang terakhir ini bisa dengan gampang kita diidentifikasi, karena penampakannya tidak memiliki sirip adiposa.


Baca Juga: Jenis dan Cara Merawat Ikan Discus yang Tepat Supaya Tetap Sehat


Beberapa penghobi bilang kalau ikan Triportheus punya fisik yang terlihat lebih besar, dengan di bandingkan dengan jenis giants. Tetapi para penghobi bilang hatchetfish itu cuma yang berfisik kecil saja.


Dada yang Menonjol Ciri dari Hatchetfish

Ciri  fisik dari Hatchetfish


Karakter paling kelihatan dari hatchetfish atau ikan kapak adalah dadanya terlihat menonjol. Bentuk fisiknya inilah yang akhirnya para penghobi menyebutnya sebagai ikan kapak dan punya nama ilmiah yaitu Gasteropelecus, yang merupakan gabungan dari Gaster, yang berarti perut, dan Pelekus, yang berarti kapak.


Dada besar itu memiliki otot-otot yang luar biasa kuat dan, jika kalian melihatnya dari dekat, kalian akan melihat bahwa sirip bagian samping, dan dada, pada ikan hatchet terlihat panjang. Ini bukan kebetulan dan struktur badannya ini merupakan bagian dari mekanisme membuat ia bisa terbang atau melompat yang bisa menghindarinya dari serangan predator.


Banyak fungsi otot untuk membuat ia bisa terbang, dan 25% dari bobot Hatchetfish dari otot dadanya, yang berarti ikan kapak punya otot terbang yang lebih besar dibanding dengan kebanyakan burung!


Baca Juga: Jenis Puffer Fish Paling Langka dan Unik Incaran Para Kolektor


Organ perut juga juga punya fungsinya tersendiri, bertindak sebagai alat untuk mengerem untuk si ikan kapak ini, memfasilitasi saat meluncur dan berhenti, dan dalam beberapa kasus, bisa membuat bisa di dalam air saat ikan ini melesat cepat ke permukaan.


Ada mitos tentang Hatchetfish yang mengepakan siripnya selama ia terbang. Para peneliti sudah membuktikan, dengan bukti yang sangat mendukung, kalau ternyata sirip-sirip itu bergerak yang membuat suara dan memperluas jarak potensial per penerbangan.


Namun, tes terus dilakukan, yang menggunakan kamera yang bisa merekam 200 frame per detik, tetapi tidak kelihatan adanya pergerakan.


Ikan Kapak Punya Otot yang Kuat

Ikan Kapak Punya Otot yang Kuat


Bagaimanapun, saat Hatchetfish terbang dengan menimbulkan suara mendesing, kemungkinan besar itu terjadi dari kulit yang bergema dan sirip yang mengepak.


Sirip lebar dan otot yang kuat membuat ikan ini bisa melompat beberapa meter dalam satu waktu. Sirip-sirip itu juga ada untuk menghentikan ikan tenggelam terlalu dalam saat mendarat seperti halnya sepasang sayap pada seekor burung.


Baca Juga: Jenis Ikan Malawi Cichlid Langka yang Diincar Para Kolektor


Ikan yang bisa melompat seperti ikan kapak ini saat memeliharanya dalam akuarium kalian harus memberikan tutup. Ada teori lama yang bilang kalau ikan tertarik untuk melompat buat mengejar serangga, tetapi para peneliti belum mendapatkan bukti yang mendukung.


Sebaliknya, Hatchetfish melompat saat ketakutan dan ini bisa dibilang menjadi salah satu alasan kuat untuk membuat mereka selalu nyaman dalam memeliharanya. Cara terbaik adalah dengan memeliharanya dalam jumlah yang pas. Bagusnya kalian memelihara 6 ikan. Kalau memelihara cuma 3 jenis saja dirasa terlalu sedikit.


Hatchetfish sangat suka dengan serangga. Penelitian yang dari habitat aslinya sangat konsisten mengungkapkan kalau mereka selalu memakan serangga. 99 persen mereka memakan serangga dan 90 persennya serangga tersebut merupakan serangga yang habitatnya di darat.


Memberi pakan ikan kapak akuarium dapat kalian tentu disarankan untuk memberikan serangga, saat kalian memberikannya pasti si Hatchetfish akan senang.


Baca Juga: 15 Jenis Ikan Manfish yang Cantik dan Setia Kepada Pasangan


Jika kalian tidak bisa mendapatkan serangga, Pakan berupa pelet bisa dipilih, tetapi, kalian harus catat kebutuhan nutrisinya, terkadang di market pakan pelet kandungannya tidak sesuai dengan apa yang ditulis.


Biar pun mereka senang makan, Hatchetfish akan lebih aktif di malam hari. Dan yang pasti ikan kapak lebih senang dengan pakan yang mengapung dibanding dengan pakan yang tenggelam.


Tips Memelihara Ikan Kapak dalam Aquarium Rumah

tips memelihara ikan kapak


Hatchetfish liar senang tinggal pada perairan yang lambat dan tepi sungai. Umumnya mereka sering didapati di sungai dengan tutupan yang teduh, tetapi mereka juga akan masuk ke dalam hutan yang tergenang air selama musim hujan.


Kebiasaan mereka hidup di dekat vegetasi tepi pantai yang kaya serangga adalah sesuatu yang perlu kalian tiru dalam memeliharanya.


Baca Juga: 10 Jenis Ikan Hias Arwana Paling Beken dan Menawan di Dunia


Kita harus mendekorasi akuariumnya yang terkesan lebih ribet dibanding pelihara jenis ikan yang lain. Karena ikan kapak akan lebih sering beraktivitas di permukaan akuarium, mereka akan tidak begitu peduli dengan bagian dasar akuarium. Namun, mereka akan pilih-pilih dengan permukaannya.


Arus air harus sangat lambat atau tidak ada, meskipun ikan umumnya bisa menemukan tempat yang tenang untuk dinikmati.


Namun, jika Anda ingin mereka bisa bergerak dengan bebas, kalian harus jaga permukaan air untuk tetap tenang.


Tanaman terapung akan sangat bagus kalian tambahkan, ini akan sangat membantu untuk melindungi mereka dari cahaya. Kalian harus juga menjaga tingkat pencahayaan di bawah intensitas tinggi juga.


Kondisi PH air juga harus disesuaikan, Ciri khas dari ikan Amerika Selatan suka dengan keadaan air dengan sedikit asam. Rata-rata ikan akan menyukai nilai pH 5,5 dan 6,5, dengan kekerasan 4 ° GH. Banyak yang akan menyimpannya pada nilai yang lebih tinggi dan ikan ini dapat mengatasi varians dengan baik. Namun, setelah melihat contoh dari kedua jenis tersebut, Warna ikan akan lebih keluar lebih indah jika di pelihara dalam kandungan air yang tepat.



Harus berhati-hati dalam membeli ikan kapak dari hasiltangkapan liar yang banyak diimpor. Kapak liar dikenal sebagai pembawa banyak patogen dan sudah banyak di temukan terdapat infeksi 100% pada ikan.


Selalu teliti ikan liar apa pun sebelum membeli dan hindari misal ditemukan ada gejala whitespot, bahkan ikan dengan sirip terlihat compang camping. Jika ini membuat wabah penyakit untuk akuarium kalian, itu akan mahal dan memakan waktu.


Baca Juga: Sebelum Pelihara Ikan Electric Blue Jack Dempsey Perhatikan Hal ini!


Namun, mengingat begitu banyak penjual sekarang memiliki fasilitas yang tepat untuk mengkarantina ikan baru, terutama ikan impor liar, sekarang ini akan lebih gampang untuk membelinya.


Jenis hatchetfish paling Bagus untuk Akuarium


Marbled hatchetfish

Marbled hatchetfish


Nama ilmiah: Carnegiella strigata.

Nama umum: Hatchetfish marmer.

Habitat Asli: Di seluruh wilayah Amazon - bahkan Kolombia dan lebih jauh ke selatan Amazon.

Ukuran: 3,5cm / 1,4" saat di pelihara dalam akuarium.

Kisaran suhu air: 24-28 ° C / 75-82 ° F.

Parameter air: Kandungan pH 5,0-8,0, kekerasan 4-20 ° GH.


Spotted hatchetfish

Spotted hatchetfish


Nama ilmiah: Gasteropelecus maculatus.

Habitat asli: Brasil, wilayah lembah Amazon.

Ukuran: Biasanya 5cm / 2”, tetapi ada yang mencapai 6,4 cm / 2,5”

Kisaran suhu: 22-28 ° C / 72-82 ° F.

Parameter air: 6,0-7,0 pH, kekerasan 2-15 ° GH.

LihatTutupKomentar

Sponsor Mascota