-->

Sponsor Mascota

Jenis dan Cara Paling Sederhana Memelihara Ikan Hias Air Laut

Ikan hias air laut banyak sekali jenisnya yang dapat kamu pilih untuk dipelihara dalam akuarium rumah kamu. Memelihara ikan hias air asin memang lebih sulit dibanding ikan hias air tawar. Kamu butuh perlengkapan serta peralatan yang lebih lengkap dalam memelihara jenis ikan ini. Makanya kamu perlu pintar-pintar dalam memilih jenisnya.


jenis dan cara memelihara ikan hias  air laut



Ikan Nemo Air Laut

Pasti kalian sudah tidak asing dengan nama ikan hias air laut satu ini, ya betul ikan nemo atau clownfish dan kalau di Indonesia sendiri lebih populer disebut sebagai ikan badut.


Ikan ini mempunyai motif serta warna yang terlihat sangat indah, banyak sekali orang yang jatuh hati melihat kecantikan ikan hias air asin satu ini.


Baca Juga: Si Cantik Blue Tang Ikan Hias Laut yang Beken Karena Finding Nemo


Dan mungkin kamu memang tertarik untuk memelihara ikan nemo. Nah sebelum itu, ada baiknya kamu mengetahui perbedaan ikan nemo air laut dengan air tawar.


Ikan nemo air tawar atau dari hasil budidaya umumnya kemungkinan kematian ikan jauh lebih kecil kalau dibanding ikan badut liar (ikan hias dari laut).


Kalau di dalam negeri sudah banyak penangkaran yang berhasil membudidayakan ikan hias air asin yang cantik ini. Dan yang pasti ikan nemo yang langsung diperoleh dari habitat aslinya dengan ikan nemo yang diperoleh dari hasil budidaya pasti memiliki perbedaan.


Harga Ikan Hias Air Laut

Memelihara ikan hias air laut merupakan suatu pengalaman baru yang lumayan menantang. Pasalnya, memelihara ikan hias air asin memang tidak segampang ikan air tawar, ya tetapi tetap harus di beri perawatan yang memadai ya.


Tetapi memang kamu butuh yang namanaya keuletan dan kesabaran lebih dalam waktu memutuskan pelihara ikan hias air asin. Ditambah buat harga ikan hias air laut memang lebih mahal, begitu pula peralatan yang dibutuhkan.


Cukup merogoh kocek yang lumayan besar buat para penghobi baru dalam memulainya. Selain itu, penjual ikan hias air asin tentu enggak sebanyak yang menjual ikan air tawar. Biarpun begitu, ada beberapa jenis ikan hias air laut yang harganya tetap terjangkau.


Baca Juga: Ikan Mandarin Air Laut Si Cantik yang Berasal dari Terumbu Karang


Ikan Jabing atau Goby

Kamu mungkin akan langsung jatuh cinta, kalau bertemu dengan ikan hias air laut satu ini. Bagaimana tidak, ronanya yang terang dengan ukuran badannya yang kecil, serta bentuk mukanya yang lucu, akan membuat kita yang melihatnya akan langsung jatuh hati.


Ikan lucu ini memiliki beberapa panggilan, diantaranya yellow coral gobby, yellow clown gobby, atau dan ada juga yang memanggilnya okinawa goby.


Ikan ini berhabitat asli di wilayah barat laut Pasifik dan perairan Jepang. Ikan ini ternyata juga banyak berada di perairan Indonesia loh. Ukuran badannya yang kecil yaitu hanya sekitar 3,5 centimeter saja untuk ukuran paling besarnya, membuatnya lumayan susah untuk ditemukan. Ditambah dengan hobinya yang senang bersembunyi di selipan karang, menyebabkan para pehobi fotografi bawah laut sering tidak melihatnya. Padahal, bentuk si goby kuning ini sangat fotogenik, kalau dijepret dengan kamera.


Ikan Laut Cantik

ikan hias air laut sekarang ini memang menjadi buruan para kolektor. Pasalnya ikan hias air asin mempunyai warna dan karakteristik tersendiri yang menjadi magnet tersendiri buat para pencintanya.


Memelihara ikan laut cantik mempunyai seni tersendiri karena tak cuma mencampurka warna indah dari ikan hias air asin, tapi juga merangkai ornamen akuarium menjadi seperti sebuah memandangan dasar laut yang indah yang sekarang ini disebut aquascape.


Baca Juga: Cara Pelihara paling Mudah dan Fakta Menarik dari Lion Fish


Beragam macam ikan hias air asin dapat kamu pelihara dalam akuarium rumah, asalkan kamu mengerti cara memeliharanya dengan benar. Sudah kita bahas memelihara iikan hias air asin tidaklah mudah. Kamu perlu membeli perlengkapan yang memadai juga. Makanya kamu harus pintar-pintar dalam memilih jenisnya.


Makanan Ikan Hias Air Laut

Yups, Makhluk hidup butuh yang namanya makan, termasuk ikan hias air laut ini. Untuk makanan, sebenarnya ikan laut ini agak lumayan ribet. Apalagi ikan yang baru saja kamu masukan ke dalam akuarium, ia tidak akan langsung bisa makan pellet. Tapi kalau kamu terus biasakan, mereka akan terbiasa makan pellet.


Selain pellet, tentu kamu dapat memberikan makanan lain seperti udang rebon beku. Untuk jenis ikan herbivora, kamu bisa memberikannya selada air. Untuk lebih jelas mengenai makanan apa yang tepat untuk ikan yang kamu pelihara, bagusnya konsultasi dahulu kepada penjual ikan.


Perawatan Aquarium Air Laut

Akuarium air laut dapat menjadi salah satu hobi yang dapat kamu pilih untuk menghilangkan stres sekaligus memberikan dekorasi di rumah secara visual serta membuat ruangan lebih hidup. Sayangnya, mempunyai akuarium air laut tidaklah segampang memiliki akuarium air tawar konvensional. Selain perawatannya yang berbeda, ada beberapa hal lain yang harus kamu perhatikan sebelum memutuskan untuk mempunyai akuarium air laut.


Baca Juga: Si Cantik Yellow Tang Fish yang Menjadi Buruan Para Kolektor


Jika kamu memang tertarik untuk menambahkan akuarium air laut baik dalam bentuk aquarium kecil atau yang besar, kamu bisa perhatikan tips ini.


  • Tipe ekosistem yang akan di buat dalam akuarium air laut
  • Tentukan ukuran Akuarium yang akan kamu pilih
  • sistem Penyaringan Akuarium Air Laut yang akan digunakan
  • Sistem pencahayaan harus memadai
  • Cari tahu tentang merawat coral
  • Jenis ikan yang akan kamu pelihara


Ikan Angelfish Laut

Manfish atau lebih populer dipanggil angelfish termasuk ke dalam family Pomacanthidae. Dan biasanya mereka dapat ditemui di terumbu tropis dangkal wilayah Atlantik, Pasifik Barat, serta Samudra Hindia.


Angelfish air laut adalah jenis ikan air asin yang sangat berkarakter. Badannya yang memiliki warna yang sangat cerah merupakan karakteristik dari ikan yang hidup di karang. Dan umumnya banyak jenis dari angelfish air laut ini akan berubah warnanya atau bermutasi waktu mereka tumbuh jadi dewasa.



Ikan Predator Air Laut

Kalau dilihat dari hasil penelitian, beberapaikan hias air asin populer mempunyai perilaku agresif, seperti memperebutkan wilayah dan makanan dengan jenis lain. Bahkan bisa menjadi predator buat jenis ikan yang lainnya.


Baca Juga: Fakta Doctorfish Ikan Laut yang Menjadi Dokter Para Ikan


Untuk sebelum memutuskan memelihara ikan hias air laut, ada bagusnya untuk mencari tahu guna mengetahui jenis ikan apa yang bisa dipelihara dalam satu akuarium.


Jenis Ikan Hias Air Asin yang Cocok Dipelihara untuk Pemula

Ikan hias air laut memang mempunyai penampakan yang cantik, baik itu dari warnanya sampai ke bentuknya. Ada ikan hias air asin yang memiliki warna yang beragam, sehingga ikan-ikan tersebut sangat sedap dipandang. Ada juga ikan hias air asin yang mempunyai bentuk yang sangat berkarakter, yang lucu untuk dipandang.


Kebanyakan dari pencinta ikan hias lebih suka memelihara ikan yang berbadan kecil , karena lebih gampang dalam urusan perawatannya.


Beberapa jenis ikan hias air asin ini mungkin dapat kamu jadikan opsi di akuarium milikmu. Berikut jenisnya yang bisa kamu pilih.


  • Ikan Botana blue tang
  • Ikan yellow tang
  • Butterfly fish
  • Blue devil
  • Angelfish
  • Watchman Gobies
  • ikan nemo atau badut
  • ikan bangai

LihatTutupKomentar

Sponsor Mascota